Poklahsar Sanggau Terima Bantuan DKP Provinsi Kalbar

Editor: Redaksi


SANGGAU, suaraborneo.id - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan bantuan berupa Cool Box Ikan, Freezer, dan mesin penggiling ikan kepada Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Hasil Perikanan Kabupaten Sanggau, Jumat 4 Desember 2020.


Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Jauhari menyampaikan bahwa kami ditugaskan oleh Kepala Dinas DKP Provinsi Kalimantan Barat untuk melakukan penyerahan bantuan hibah sarana pengolahan dan pemasaran ikan untuk Kelompok Pengolah dan Pemasar  (Poklahsar) di Kabupaten Sanggau.


"Hibahnya dalam bentuk Freezer 4 unit, Cool Box Ikan 36 unit, dan 2 penggiling daging. Ini sumbernya dari anggaran APBD Provinsi Kalbar, Ini dimanfaatkan untuk para pengolah dan pemasaran,"katanya, Jumat 4 Desember 2020.


Dikatakanya, yang menerima bantuan hibah ini adalah kelompok dan harus diusulkan melalui rekomendasi dari Dinas Perikanan di Kabupaten. "Sudah jelas kelompok ini memang sudah punya usaha di bidang pemasaran dan pengolahan,"jelasnya.


Untuk itulah, Ia berharap dengan adanya bantuan ini kualitas ikan yang dipasarkan lebih meningkat, Sehingga nanti tujuan akhirnya nilai harganya juga bisa meningkat.


"Karena ini bukan saja untuk menyimpan ikan segar, juga menyimpan olahan. Bentuknya seperti ikan yang digiling untuk bakso ikan, kemudian juga untuk bikin nugget, dan abon,"tuturnya.


Selain itu juga, diharapkan kelompok ini bisa mendorong kelompok-kelompok yang lain untuk bersama-sama meningkatkan produksi pengolahan maupun mutunya. "Sehingga nanti masyarakat bisa aman mengkonsumsinya, sehat dan higienis,"harapnya.


Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Marten Luter menyampaikan bahwa pada hari ini diserahkan bantuan berupa Cool Box, Freezer dan mesin penggiling ikan kepada Kelompok Pengolah dan Pemasar  (Poklahsar) di Kabupaten Sanggau.


"Harapan kita agar masyarakat atau para penampung dan pengolah ikan ini bisa lebih baik lagi kedepan dan bisa berkembang. Dengan adanya bantuan ini juga dapat meningkatkan penghasilan ekonomi mereka,"ujarnya.


Politisi PKPI itu menambahkan bahwa bantuan ini bersumber dari APBD Provinsi Kalbar dan melalui aspirasi dirinya. "Yang mana melalui aspirasi inilah kita bisa memberi bantuan kepada masyarakat,"ujarnya.


Hadir dalam penyerahan itu, Anggota DPRD Sanggau, Susana Herpena, Kabid Perikanan, Dishangpang Hortikan Sanggau, Butet Karolina Barus, dan Para Poklahsar di Sanggau. (Bry) 

Share:
Komentar

Berita Terkini