Wabup Sekadau dan Uskup Resmikan Gereja Katolik Santa Maria Goreti Kenolan

Editor: Redaksi
Peresmian gereja 
SEKADAU, suaraborneo.id - Wakil Bupati Sekadau Aloysius meresmikan penggunaan Gereja Katolik Santa Maria Goreti Stasi Kenolan, Paroki Nanga Taman, Kabupaten Sekadau Keuskupan Sanggau, Minggu 13 September 2020. Usai diresmikan oleh Wakil Bupati yang ditandai dengan pembukaan tirai plank gereja dan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Ny. Vixtima Heri Supriyanti dilanjutkan dengan pemberkatan gedung gereja oleh Uskup Keuskupan Sanggau yang mulia Mgr. Yulius Mencucini, CP. 

Kedatangan Wakil Bupati Sekadau dan Uskup Keuskupan Sanggau serta rombongan disambut meriah oleh umat katolik Kenolan  dan rombongan disambut dengan tarian adat dan prosesi adat dayak setempat. Wakil bupati juga dalam penyambutan itu didaulatkan untuk memancung buluh muda sebagai tanda penghomatan kepada tamu agung.  

Ketua Panitia, Edi Salwo dalam laporannya mengatakan, Gereja Katolik Kenolan dibangun pada tahun 2016. "Dengan terbangunnya gereja ini, kami ingin menyampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah Kabupaten Sekadau melalui bupati dan wakil bupati karena telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp70 juta untuk pembangunan gereja katolik Kenolan. Terima kasih juga kepada Pastor Kris Pastor ketua dekenat yang telah memfasilitasi panitia untuk mendapatkan bantuan anggaran dari pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sebesar Rp50 juta pada tahun 2014. Swadaya umat sebesar Rp500 ribu per KK, dana terkumpul dari umat sebesar Rp16 juta. Kemudian bantuan dari paroki nanga taman dan keuskupan sanggau sebesar Rp14 juta. Dana dari donatur sebesar Rp10 juta. Secara keseluruhan biaya yang digunakan untuk pembangunan gereja katolik stasi kenolan sebesar Rp190 juta," jelas Edi Salwo. 

Sementara Camat Nanag Taman, Paulus Ugang dalam sambutannya mengatakan, Kecamatan Nanga Taman sangat maju khususnya pembangunan gereja, tapi karena kendala pandemi covid 19 ada beberapa gereja yang seharusnya bisa diresmikan tapi ditunda dulu. 

Wakil Bupati Sekadau Aloysius mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sekadau mendukung pembangunan tempat ibadah di kabupaten Sekadau seperti gereja, masjid dan rumah ibadah lainnya.

"Kita mendukung dan menyambut baik pembangunan tempat ibadah di kabupaten Sekadau," papar Wakil Bupati. 

Wakil Bupati berpesan, supaya gedung gereja Katolik yang baru saja diresmikan dan diberkati oleh Uskup Keuskupan Sanggau ini, dipelihara dan dirawat dengan baik dan sungguh sungguh karena membangun itu gampang tetapi merawatnya susah.

“Untuk itu diperlukan kekompakan dan kebersamaan umat dalam menjaga dan merawat bangunan gereja yang menjadi kebanggaan umat Katolik di Stasi Kenolan," ujarnya.

Wakil Bupati Aloysius mengingatkan bahwa kehadiran gedung gereja ini dapat meningkat iman dan rasa persaudaraan yang tinggi dengan semua orang. 

"Terimakasih atas pembinaan yang diberikan oleh Uskup, terimakasih juga kepada Pastor Paroki yang telah memberikan pembinaan kepada umat sehingga pembangunan gereja ini bis selesai. Terima kasih juga atas partisipasi umat Katolik Kenolan dalam mewujudkan pembangunan Gereja ini,” papar Wakil Bupati. 

Sementara itu dalam sambutannya Uskup Keuskupan Sanggau Yulius Mencucini, CP memberikan apresiasi umat Katolik Stasi Kenolan yang sudah berhasil membangun gereja yang cukup megah ini. (hms) 
Share:
Komentar

Berita Terkini