Resmikan Gereja Yesus Tersalib Selalong 1, ini Kata Bupati Rupinus

Editor: Redaksi

Peresmian gereja 

SEKADAU, suaraborneo.id - Bupati Sekadau Rupinus, dan Uskup Keuskupan Sanggau Mgr Julius Giulio Mencuccini meresmikan Gereja Kristus Tersalib stasi Selalong. Peresmian gereja tersebut ditandai dengan dibukanya tirai plank nama gereja oleh Bupati Sekadau Rupinus dan Uskup Keuskupan Sanggau Mgr Julius Giulio Mencuccini, penandatanganan prasasti, pemukulan gong sebanyak 7 kali oleh Uskup Keuskupan Sanggau Mgr Julius Giulio Mencuccini, pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Ny. Kristina Rupinus dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Ny. Vixtima Heri Supriyanti Aloysius. 

Sebelum memasuki area gereja, rombongan Bupati Sekadau disambut dengan tarian adat setempat dan pancung buluh muda oleh Bupati Sekadau Rupinus serta pengalungan bunga kepada tamu kehormatan. 


Dalam peresmian dan pemberkatan Gereja Yesus Tersalib Selalong, Bupati dan Uskup didampingi Wakil Bupati Sekadau Aloysius, Anggota DPRD Sekadau Abun Tono, Pastor Paroki Sekadau, Krisantus, CP, Camat Sekadau Hilir, Safi'i Yanto, Ketua TP PKK Ny. Kristina Rupinus dan Wakil Ketua TP PKK Ny. Vixtima Heri Supriyanti Aloysius. 


Selanjutnya pemberkatan gereja oleh Uskup Keuskupan Sanggau, Julius Giulio Mencuccini dilanjutkan dengan Misa pemberkatan. Misa dipimpin oleh Pastor Kristianus, CP. 


Ketua Panitia Pembangunan Gereja, Yustinus Jujun mengatakan, gereja Yesus Tersalib Selalong 1 dibangun dengan ukuran 328 meter persegi dibangun menggunakan anggaran sebesar Rp534. 200.000 dengan sumber dana dari pemerintah daerah Kabupaten Sekadau, pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Paroki dan Keuskupan serta swadaya umat. 


"Atas nama umat stasi Selalong 1 dan panitia kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Sekadau dan Provinsi Kalbar, Paroki dan Keuskupan serta para donatur yang sudah membantu kami," ungkap Yustinus. 


Pastor Paroki Sekadau Kristianus, CP dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Sekadauyang mana, selama Pak Rupinus dan Aloysius menjadi Bupati-Wakil Sekadau telah banyak membantu gereja, selama kepemimpinan mereka berdua tercatat kurang lebih 20 gereja yang sudah dibangun. 


"Terimakasih kepada para donatur yang sudah memberikan sumbangan sehingga gereja ini bisa terlaksana dengan baik," ungkap Pastor Kristianus, CP. 


Anggota DPRD Sekadau Fraksi Hanura, Abun Tono mengatakan, mewakili seluruh umat mengucapkan terimakasih kepada Uskup Keuskupan Sanggau Mgr Julius Giulio Mencuccini yang sudah memberkati gereja ini. 


"Terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Sekadau yang begitu aktif memperhatikan masyarakat, khususnya membantu pembangunan gereja dan umat. Terimakasih sudah hadir dalam meresmikan Gereja ini," ucap Abun Tono. 


Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutanya  mengucapkan terimakasih kepada Uskup Keuskupan Sanggau sudah bisa hadir dalam peresmian gereja dan kepada Pastor Paroki Sekadau. 


Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada umat Selalong 1 yang sudah menerapkan protokol kesehatan, yang sudah mencuci tangan sebelum masuk gereja dan memakai masker.


"Kami atas nama pemerintah Kabupaten Sekadau mengucapkan selamat kepada umat stasi Selalong 1 atas peresmian gereja Yesus Tersalib ini, yang sudah memiliki gedung gereja yang megah ini," ucap Bupati Sekadau Rupinus. 


Uskup Keuskupan Sanggau Mgr Julius Giulio Mencuccini, juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Sekadau, atas kerjasama yang baik dengan Keuskupan Sanggau dan Paroki Sekadau sehingga gereja sudah banyak yang dibangun.


"Untuk umat stasi Selalong 1, saya ingatkan bahwa gereja untuk mencari keadilan Tuhan. Gereja dibangun untuk kita beribadah," pesan Uskup.


Hadir dalam kegiatan ini, Asisten 2, Para Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau, Perwakilan Kapolsek Sekadau Hilir, Camat Sekadau Hulu, Kades Selalong, para undangan dan umat katolik stasi Selalong yang hadir. (red) 


Share:
Komentar

Berita Terkini