-->

BST Pusat Mulai Disalurkan, Bupati Minta Utamakan untuk Kesehatan

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Penyaluran Bantuan Sosial Tunai 
KUBU RAYA, suaraborneo.id – Sebanyak 27.160 kepala keluarga di Kabupaten Kubu Raya mulai menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI. Penyerahan BST untuk masyarakat Kubu Raya dilakukan langsung oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan secara simbolis di Kantor Pos Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya, Kamis (14/5). Setiap KK menerima dana sebesar Rp 600 ribu untuk tiga bulan. Bantuan itu ditujukan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan penyalurannya melalui PT Pos Indonesia dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Bupati Muda Mahendrawan meminta masyarakat penerima BST untuk mengutamakan pemanfaatan dana tersebut bagi kesehatan selama pandemi Covid-19. Sebab menurutnya kesehatan merupakan hal yang utama. 

"Apa yang menjadi amanah ini usahakan untuk menjaga kesehatan kita bersama anak-anak kita. Karena kesehatan adalah hal yang utama. Jika kita sehat tentunya kita bisa membangun ekonomi kembali," kata Muda Mahendrawan seusai  kegiatan penyerahan.

Ia menegaskan, dana bantuan yang diterima harus digunakan dengan efektif. Terutama untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menghindari hal-hal yang menyebabkan munculnya stres. 

"Jika kita stres, imunitas kita menurun dan kita akan mudah tertular penyakit," ujarnya.

Terkait BST untuk warga, jika terjadi kekeliruan atau perubahan data dalam proses penyaluran, maka Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan berupaya mencarikan solusinya. Muda menyebut BST sebagai program pemerintah untuk membantu masyarakat dalam menanggulangi dampak dari pandemi Covid-19. Karena itu, dirinya memastikan pemerintah kabupaten akan mengawal seluruh skema bantuan sosial yang ada. Baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten. 

“Ada bantuan Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan Non Tunai, Bantuan Sosial Tunai, dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Tapi yang untuk BLT dana desa tidak dipaksakan keluar sebelum hari raya Idulfitri. Karena datanya harus valid dulu. Jadi prinsipnya kita kawal. Selain itu dari pemkab akan dilakukan upaya pencadangan pangan di desa masing-masing supaya ketika ada kebutuhan bisa langsung diambil,” terangnya. 

Secara terpisah, penerima BST dari Kecamatan Sungai Kakap, Sumiati, berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang telah menyalurkan bantuan pemerintah kepada warga. Menurutnya bantuan yang diberikan sangat berharga bagi masyarakat kecil seperti dirinya. Sumiati juga memuji proses pendistribusian bantuan yang dinilainya sangat tertib. (tim) 

Editor: Asmuni 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini