Jarot Serahkan Bantuan Tali Asih ICMI Orda Sintang

Editor: Redaksi
SINTANG, suaraborneo.id - Bupati Sintang Jarot Winarno menyerahkan secara simbolis bantuan tali asih Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) ORDA Sintang melalui program ICMI peduli dan berbagi dalam rangka Syiar Ramadhan dan Idul Fitri 1441 Hijriah di Dusun Betung Sari, Desa Ampar Bedang, Kecamatan Binjai Hulu, Minggu (26/4/2020).

Ketua ICMI Orda Sintang Kurniawan mengatakan ramadhan tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena di tengah-tengah wabah corona virus disease (Covid-19) yang melanda negara-negara di dunia, termasuk di Kabupaten Sintang. Sehingga membuat segala aktivitas menjadi harus berjarak dan juga hal itu pun berdampak terhadap kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat, selain dari penanganan dan pencegahan penyakit tersebut. Oleh karena itulah kata Kurniawan, ICMI Orda Sintang ingin membantu pemerintah meringankan beban masyarakat yang terdampak adanya covid-19 melalui tali asih ICMI peduli dan berbagi di bulan ramadhan. 

“Mudah-mudahan dengan kedatangan kami ini bisa meringankan beban masyarakat di betung sari, khususnya ketika menghadapi bulan ramadahan yang bersamaan dengan covid-19 yang sedang merebak ini. Mungkin tidak seberapa barang-barangnya tapi inilah bentuk tali asih ICMI kabupaten Sintang kepada masyarakat, terlebih Pak Bupati selalu menganjurkan kita untuk selalu kompak, tidak boleh kalah lawan covid-19, ”ungkap Kurniawan.

Kemudian Kurniawan menyampaikan bahwa pihaknya menghimpun sumbangan ini dari berbagai pihak, terutama dari internal ICMI itu sendiri, kemudian ada beberapa komponen masyarkat lain yang juga membantu, sehingga terkumpullah 1,7 ton beras, uang sekitar 42 juta rupiah, dan juga pakaian layak pakai yang terkumpul sekitar 470 helai. Di jelaskan Kurniawan, dari sumbangan-sumbangan tersebut di buat menjadi paket-paket sembako, sehingga dapatlah sekitar 310 paket sembako yang di salurkan kepada masyarakat yang terdampak covid-19 yang terbagi dalam dua segmen besar, salah satunya Dusun Betung Sari ini yang merupakan dusun binaan ICMI Orda Sintang. 

“Ada 100 paket sembako yang hari ini kami salurkan di betung sari, ada enam jenis barang  dalam satu paket yakni beras 5 kg, gula 1 kg, tepung 1 kg, minyak goring 1 liter, sabun dan madu. Dan pakaian juga yang nanti kepala desa yang menentukan pembagiannya. jadi itu yang kita siapkan,”jelas Kurniawan.

Sementara itu Bupati Sintang, Jarot Winarno menyampaikan ucapan terimakasih kepada ICMI Orda Sintang yang telah menyalurkan bantuan untuk meringankan beban masyarakat di tengah dampak covid-19 di Dusun Betung Sari, terlebih di saat bulan ramadhan seperti ini. Sehingga menurut Jarot tali asih saling peduli dan berbagi ini sebagai pengeras silaturrahim. 

"Karena silaturrahim itu bisa memperpanjang usia dan membuka pintu rejeki yang selebar-lebar dan apa yang di salurkan oleh ICMI ini mudah-mudahan memberikan manfaat bagi masyarakat. Sehingga masyarakatpun merasa terbantu, "kata Jarot.

Jarot juga menyampakan apresiasi dan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Sintang yang telah menyisihkan sebagian rejekinya kepada masyarakat lain yang membutuhkan melalui ICMI Orda Sintang, sehingga Jarot menilai hal itu merupakan bentuk kepedulian dan rasa kebersamaan yang terus di jaga.

“Bayangkan masyarakat lain mau berbagi mengirimkan segala pakaian yang pantas, ngirimkan beras dan yang lainnya. Ni juga ada sumbangan ketua DPRD Sintang, mau agama, suku apapun juga turut serta berbagi yang di serahkan kepada icmi, dan icmi menyalurkan kepada masyarakat di sini. perkara di perlukan atau tidak, apa yang di serahkan icmi ini mudah-mudahan memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat, ”ucap Jarot.

Jarot berharap penyaluran bantuan ini di lakukan secara merata bagi masyarakat Dusun Betung Sari. “karena kalau bunga yang indah itu bah mengeluarkan harumnya, semua orang harus bisa menikmatinya, itulah konsep Islam yang rahmatan lil alamin”tutup Jarot. (*) 
Share:
Komentar

Berita Terkini