-->

Baru Pulang Dari LN, 25 Orang Jadi Pantauan Dinkes PP dan KB Sekadau

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Plt. Dinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius 
SEKADAU, suaraborneo.id - Terkait virus corona (Covid19) di Indonesia perlu di waspadai. Di Sekadau ada 25 orang masih dalam pemantauan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Sekadau. 

Pemantauan terhadap 25 orang ini dikarnakan, mereka baru pulang dari luar negeri. 

Untuk diperusahaan yang memperkerjakan tenaga asing yakni PT.GUM dan PT. Parna Agro Mas ada 21 orang. Saat ini, mereka  dalam pemantauan selama 28 hari. Lalu, di kecamatan Sekadau Hulu ada 4 orang. Keempat orang ini semuanya baru pulang dari Korea, salah satu negara yang terjangkit Virus Covid19.

"Mereka yang dalam pemantau tersebut bukan berarti mereka itu sakit, tapi karna mereka baru pulang dari negara yang terpapar virus Covid19," kata Plt. Dinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius Kamis,(12/3/2020) di kantornya.

"Kita sarankan untuk melakukan karantina sendiri di rumah. Artinya, mereka dengan sadar tidak berkeliaran seperti warga lainnya. Kalau mereka merasa ada gejala sakit atau penyakit yang sama dengan gejala Covid19, kita minta mereka melaporkan ke Puskesmas terdekat," sambungnya. 

Henry menambahkan, saat dalam pemantauan mereka akan di cek suhu tubuh oleh petugas kesehatan di rumah mereka. Petugas dari Puskesmas terdekat akan melakukan pengecekan kesehatan mereka selama 28 hari," ujarnya. 

Henry menjelaskan, demi menangkal penyebaran Covid19, pihaknya minta kepada seluruh warga Sekadau yang baru pulang dari negara atau daerah yang terpapar Covid 19 untuk melaporkan diri ke Puskesmas terdekat atau petugas kesehatan di daerahnya masing-masing.

Tujuanya adalah, apabila ada muncul penyakit tersebut kita bisa atasi penyebarannya secara dini, untuk lebih baik lagi, untuk sementara jangan berpergian ke daerah yang terpapar Covid19.

Ia juga meminta agar warga sekadau tidak perlu panik dengan 25 orang yang dalam pemantauan tersebut. Karena, mereka tidak sakit dan kondisi mereka saat ini sehat. 

"Hanya saja, saat ini mereka kita pantau selama 28 hari. Apabila dalam 28 hari itu mereka sehat, artinya mereka negatif dari Covid19," jelas Henry. (red)

Editor: Asmuni 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini