-->

Askiman Hadiri Acara Pentahbisan Ketua Korda V PPHTGD Sintang

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Askiman menghadiri pentahbisan Pdt. Henri Luther, M. Th sebagai Koordinator Daerah V PPHTGD Sintang 
SINTANG, suaraborneo.id - Wakil Bupati Sintang Askiman menghadiri pentahbisan Pdt. Henri Luther, M. Th sebagai Koordinator Daerah V Persekutuan dan Pelayanan Hamba Tuhan Garis Depan (PPHTGD) Kabupaten Sintang oleh Pdt. Yohanes Sumarno selaku Ketua Rayon PPHTGD Kalimantan Barat di GKII Gracia pada Selasa, 21 Januari 2020. Hadir dalam pentahbisan tersebut para Hamba Tuhan yang berada di wilayah kerja Korda V yang membawahi Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi.

Dihadapan para Hamba Tuhan yang hadir di GKII Gracia Sintang, Wakil Bupati Sintang menyampaikan rasa bangganya karena  para tokoh gereja sangat luar biasa dalam upaya membangun jemaat dan gereja bahkan masyarakat di Sintang.

“Para Hamba Tuhan juga sangat mendukung kami dalam membangun Kabupaten Sintang ini. Rasanya saya  merasa tidak layak berbicara di hadapan para Hamba Tuhan, karena sebenarnya saya yang harus mendengarkan Hamba Tuhan. Para Hamba Tuhan sangat banyak namun kita disatukan kedalam satu misi pelayanan kepada Tuhan,” kata Askiman.

“Kita sering membaca dan mendengar ada banyak gereja sulit dalam membangun gerejanya. Ada banyak kasus ibadah umat Kristen dibubarkan. Dan yang disalahkan adalah pemerintah. Saya mau menyampaikan bahwa Hamba Tuhan dan umat Kristen harus mulai mempelajari aturan-aturan yang ada. Saya minta organisasi gereja harus mengurus legalitas organisasinya. PPHTGD juga harus mengurus keabsahan organisasinya. Saya mendorong organisasi keagamaan di Sintang yang belum legal agar mengurus legalitas organisasinya ke notaris, Kementerian Agama dan Badan Kesbangpol. Jika sudah memiliki legalitas, aktivitas kita menjadi sah dimata negara. Mau buat KKR-pun kita leluasa karena sudah diakui oleh pemerintah, ” jelasnya.

"Begitu juga kalau ada gereja yang belum memiliki legalitas. Segera urus ke Kementerian Agama. Kami ingin gereja juga turut mendukung kegiatan pemerintahan dalam membangun daerah ini. Kita juga akan melaksanakan kegiatan My Home Nasional di Kabupaten Sintang sebagai tuan rumah. Saya mendukung organisasi gereja turut membantu untuk menjaga kebersihan Kota Sintang bahkan mengelola sampah. Kita perlu mengadopsi kegiatan gereja di Surabaya, Bandung dan Makasar dalam menangani sampah dan kebersihan kota," kata Wabup Sintang lagi.

“Saya siap membantu kegiatan para Hamba Tuhan dan gereja di Kabupaten Sintang. Kepada Hamba Tuhan agar terus mendoakan Kabupaten Sintang agar menjadi tempat yang harmonis, aman dan nyaman. Saya mengajak agar dalam hidup kita agar harus selalu mengandalkan Tuhan," ujar Askiman.

Pdt. Yohanes Sumarno, selaku Ketua Rayon PPHTGD Kalimantan Barat menyampaikan Persekutuan dan Pelayanan Hamba Tuhan Garis Depan (PPHTGD) Kalimantan Barat sangat berkembang pesat.

"Selama ini rayon Kalbar hanya membawahi 4 koordinator daerah. Namun kami melihatnya terlalu besar. Sehingga kita membentuk satu lagi korda yakni korda V yang membawahi dua kabupaten yakni Sintang dan Melawi dengan 7 koordinator wilayah. PPHTGD memerlukan orang yang punya hati dan rela berkorban. Kami dalam bekerja selalu mengutamakan gotong royong karena kecintaan kepada Tuhan. PPHTGD mengutamakan kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. Masa kerja setiap korda adalah tiga tahun, jika kinerja baik bisa diperpanjang menjadi dua periode. Namun kita membatasi untuk memimpin korda hanya boleh dua periode saja. Untuk korda V saat ini karena baru, maka kami tunjuk langsung, belum dilakukan pemilihan,” kata Pdt. Yohanes Sumarno.

“Kita harus melibatkan Tuhan dalam kehidupan sehari hari. Buka hati dan pikiran kita dalam mengurus organisasi ini. Mari kita saling menguatkan dan mendoakan. Kami sangat berterima kasih kepada Wakil Bupati Sintang yang sudah mendukung kegiatan para Hamba Tuhan. Sintang ini terkenal dengan toleransi umat beragama dan kegiatan gerejanya sangat aktif," katanya.

“Saya juga mendorong para Hamba Tuhan untuk ikut dalam kampanye anti narkoba. Ini menjadi tugas tambahan para Hamba Tuhan. PPHTGD harus ikut ambil bagian dalam kampanye anti narkoba ini. Para Hamba Tuhan dan jemaatnya bisa memainkan perannya bagi kemajuan Sintang ini. Kita harus menjadi contoh bagi masyarakat lain. Hamba Tuhan bisa menggerakan  jemaatnya untuk membantu membersihkan sampah di dalam Kota Sintang ini. Saya juga mendorong agar gereja juga turut membantu mencegah kasus demam berdarah. Kalau ada kasus DBD di suatu wilayah, segera ambil langkah,” kata Pdt. Yohanes Sumarno.

Pdt. Henry Luther, M. Th, Koordinator Daerah V Kabupaten Sintang usai ditahbiskan menyampaikan bahwa pihaknya akan langsung bekerja dalam menjalankan tugas sebagai korda V.

“Saat ini korda V baru memiliki 7 korwil. Kita akan menambah dan membentuk korwil lainnya. Kecamatan yang  belum ada korwil akan kita bentuk.  Supaya untuk memperkuat persekutuan diantara Hamba Tuhan di Sintang dan Melawi. Itu program kerja utama kami,” kata Pdt. Henry Luther, M. Th. (hms)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini