Sutarmidji Berikan Kuliah Umum Kepada Praja IPDN

Editor: Redaksi
Gubernur Kalbar H. Sutarmidji saat  memberikan kuliah umum kepada para Praja IPDN 
KUBU RAYA, suaraborneo.id - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Sutarmidji memberikan Kuliah Umum kepada para Praja Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) Kampus Kalbar, di Aula IPDN Kampus Kalbar, Selasa (3/12/2019). 

Dalam Kuliah Umum itu, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji mengungkapkan, seorang pemimpin itu harus inovasi dan kreatif dalam menghadapi perkembangan zaman yang begitu cepat dan inovasi. 

"Generasi muda yang tidak inovatif maka dia tidak akan bisa bersaing, dia tidak akan menjadi pemenang. Sedangkan orang yang inovatif harus banyak tahu dan harus mengikuti trend, harus mengikuti perkembangan, sebab kita harus mempersiapkan diri untuk bisa bersaing dan mengikuti perkembangan di zaman inovasi, kreatif dan cepat. Itu yang harus dimiliki seorang pemimpin," ungkap Gubernur Kalbar. 

Selain itu sambungnya, calon seorang pemimpin juga harus memiliki intelegensi dan startegi dalam memimpin pemerintahan, guna memikat kepercayaan masyarakat suatu kebijakan dan tata kelola pemerimtah demi mewujudkan pemerintahan baik (Good Governance). 

"Seorang pemimpin dan calon pemimpin memiliki startegi yang baik, startegi itu bermula dari pola pikir yang baik dari diri kita sendiri dan jangan mendapatkan startegi itu dari pola pikir orang. Kelemahan kita selama ini selalu menggunakan pola pikir orang lain, bukan kita sebagai pelakunya dan kita sebagai pelaku harus tahu apa yang harus kita capai," ujarnya.

Menurutnya, kepercayaan masyarakat kepada pemimpin itu sangat penting karena kepercayaan itu sangat berharga dibandingkan dengan yang lainnya dalam memujudkan tata kelola pemerintahan. Selain kepercayaan, keberanian dan kecepatan dalam menggambil suatu kebijakan yang baik itu harus dimiliki oleh seorang pemipin bukan sebaliknya. 

"Jangan takut menggambil keputusan yang tidak populer. Kita harus berani menggambil keputusan cepat dan tepat dalam melayani masyarakat," tegasnya. 

Gubernur Kalbar, Sutarmidji juga mengatakan bahwa seorang pemimpin harus memiliki integritas dalam melayani dan mengayomi masyarakat. (Humas)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini