Kecamatan Air Besar Gelar Lomba PKK Antar Desa

Editor: Redaksi
Ketua TP PKK kecamatan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba PKK
LANDAK, suaraborneo.id - Tim Penggerak PKK (TP PKK ) Kecamatan Air Besar yang telah mengadakan kegiatan lomba antar TP PKK Desa. Kegiatan ini didukung oleh pemerintah kabupaten Landak.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor camat Air Besar tersebut dibuka oleh Camat Air Besar Hery Sarinom, di aula kantor camat Air Besar, Senin (25/11/2019).

Kegiatan diikuti oleh sembilan desa di Kecamatan Air Besar yaitu Desa Temoyok, Sekendal, Semuntik, Sepangah, Serimbu,  Engkangin, Jambu Tembawang, Engkadik Pade dan Desa Tenguwe. 

Dalam sambutannya camat menyampaikan bahwa PKK bukanlah hanya sebagai lambang pelengkap dalam pemerintahan melainkan sebuah organisasi yang memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat.

PKK bukan hanya sebuah  lambang, tetapi memberikan contoh, dan berperan aktif  dalam pembangunan masyarakat di pedesaan, terutama dibidang pendidikan dalam keluarga , kesehatan dan keterampilan.

" Tujuannya bagaimana mereka  memanfaatkan produk lokal yang bisa diolah menjadi pangan, yang tentunya mengandung nilai gizi, protein atau karbohidrat yang tidak kalah dengan keju," ungkap Hery Sarkinom.

Sedangkan Ketua TP PKK Kecamatan Dewi Widyanti Hery Sarkinom mengatakan bahwa pada kegiatan ini ada lima jenis perlombaan yang ditampilkan.

“Dalam kegiatan ini kita adakan lomba antara lain lomba pidato penyuluhan  kekerasan dalam keluarga dan pendidikan anak dalam keluarga, keterampilan tangan berupa anyaman, tata rias dan penampilan produk dari bahan lokal, serta bagai mana melakukan proses dalam melahirkan dan ini tentunya dari setiap pokja yang ada di TP PKK dari setiap desa,” ujar Dewi.

Sedangkan Asmiyati, Ketua TP PKK Desa Temoyok sangat menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap terus berlanjut karena baginya kegiatan ini dapat memberikan ilmu pengetahuan bagi kaum ibu-ibu.

“Tentunya kami menyambut baik kegiatan ini karena selama ini belum pernah dilaksanakan dan kami berharap hal ini terus berjalan setiap tahunnya karena dengan kegiatan ini kami dari TP PKK dari Desa dapat belajar dan bertukar pengalaman dengan PKK Desa yang lain,” ujar Asmiyati.

Sementara itu, Bupati Landak Karolin Margret Natasa mendukung kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kecamatan Air Besar. Bupati Landak berharap hal ini dapat dicontoh oleh kecamatan lainnya.

“Kita harus tahu bahwa Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, disingkat PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia," ungkap Karolin.

PKK sendiri terkenal akan 10 program pokok PKK, melalui 10 segi pokok keluarga dengan membentuk Tim Penggerak PKK di semua tingkatan, yang keanggotaan timnya secara relawan dan terdiri dari tokoh masyarakat, para istri kepala dinas dan isteri kepala daerah sampai dengan tingkat desa dan kelurahan.

" Kegiatan ini perlu kita dukung bersama-sama guna meningkatkan kesejahteraan keluarga,” pinta Bupati Landak.

Karolin juga menambahkan bahwa saat ini seorang ibu rumah tangga memiliki banyak tugas, mulai mengurus rumah tangga dirumahnya, membantu suaminya, berjualan bahkan menjadi wanita karir.

“Walaupun Sasaran PKK adalah keluarga, khususnya ibu rumahtangga, perempuan, sebagai sosok sentral dalam keluarga. Ia tidak hanya mengurus soal kehidupan rumah tangganya dan mengasuh anak saja. Banyak diantara ibu rumah tangga yang membantu suami di sawah, bahkan berusaha menambah pendapatan keluarga dengan berjualan, bahkan ada yang menjadi wanita karir,” pungkas Karolin.

Penulis AP
Editor Asmuni
Share:
Komentar

Berita Terkini