-->

Deklarasi ODF Desa Maboh Permai Belitang

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Deklarasi ODF desa Maboh Permai Kecamatan Belitang Kabupaten Sekadau 
SEKADAU, suaraborneo.id - Bertempat di desa Maboh Permai Kecamatan Belitang Kabupaten Sekadau Kalbar telah dilaksanakan kegiatan deklarasi ODF (Open Defecation Free)/stop buang air besar sembarangan (BABS), Selasa (26/11/2019).

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Sekadau yang diwakili Asisten II Paulus Yohanes, Kepala Dinkes Sekadau St. Emanuel, SKM, Kapolres Sekadau diwakili Kapolsek Belitang IPTU Suritno, Forkopimka Belitang, Kepala Puskesmas Belitang dr. Christian, Kades se Kecamatan Belitang, toga, tomas, todat dan elemen masyarakat Belitang.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu indonesia raya kemudian dilanjutkan dengan tarian cuci tangan pakai sabun dari pelajar tingkat SD desa Maboh Permai.

Dalam kesempatan tersebut Kades Maboh Permai, Sebastian mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan dan menyampaikan sambutan bahwa desa Maboh Permai siap menjadi desa ODF/stop BABS.

Dirinya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh tim dan panitia sehingga pelaksanaan kegiatan stop BABS hari ini berjalan lancar di desa Maboh Permai serta siap melanjutkan pilar ke 2 STBM (Sanitasi Totak Berbasis Masyarakat) cuci tangan pakai sabun.

Kemudian dilanjutkan oleh Plt. Camat, Belitang Jaluk dengan menyampaikan bahwa pelaksanaan deklarasi ODF/stop BABS desa Maboh Permai merupakan desa kedua yang mewakili Kecamatan Belitang karena sebelumnya desa Menua Prama terlebih dahulu melakukan hal yang sama.

Senada dengan Camat, Kadis Kesehatan St. Emanuel menjelaskan ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan yakni dari lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan, keturunan karena desa Maboh Permai sudah bisa membuktikan sebagai desa dengan skala bebas buang air besar sembarangan (BABS).

Dalam kesempatan ini Asisten ll, Paulus Yohanes dalam hal ini mewakili Bupati Sekadau, membuka secara simbolis kegiatan deklarasi ODF desa Maboh Permai serta memberikan apresiasi kepada masyarakat yang tidak memiliki jamban dan sudah memiliki WC pribadi disetiap rumah.

Terakhir Paulus Yohanes mengucapkan terimakasih kepada panitia dan kerjasama yang baik antara instansi pemerintah maupun TNI,Polri sehingga kegiatan ODF berlangsung aman, lancar dan kondusif.

Selanjutnya Kapolres Sekadau yang diwakili Kapolsek Belitang, IPTU Suritno dalam hal ini mendukung penuh pelaksanaan ODF/Stop BABS di desa Maboh Permai.

Personel Polsek juga disiagakan selama pelaksanaan kegiatan guna memberikan rasa aman, nyaman dan lancar selama pelaksanaan kegiatan.

Untuk menutup rangkaian kegiatan dilakukan penandatangan prasasti oleh Paulus Yohanes serta penyerahan piagam stop BABS untuk desa Maboh Permai. (Polsek bltg) 

Editor: Asmuni 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini