-->

Tim Kesehatan Mendata Keluarga Sehat

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Petugas Puskesmas Ngabang lengkap berpakaian seragam untuk mendata dan meriksa masyarakat di desa Hilir Kantor
LANDAK, suaraborneo.id - Pemerintah Kabupaten Landak dalam membangun kehidupan keluarga yang sehat melakukan Pendataan Keluarga Sehat. 

12 indikator yang menjadikan sebuah keluarga sehat, melalui Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Ngabang telah melakukan pendataan keluarga sehat di wilayah Desa Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang dengan tujuan untuk melihat sejauh mana 12 indikator keluarga sehat sudah terpenuhi di Desa Hilir Kantor, Kamis (10/10/2019).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Puskesmas Ngabang FX. Dwi Handoko Suma, SKM , yang memberikan informasi kepada masyarakat Desa Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang untuk berpartisipasi dalam Pendataan Keluarga Sehat.

“Di wilayah desa Hilir Kantor bahwa saat ini sedang diadakan pendataan Keluarga Sehat oleh Tim kesehatan Puskesmas Ngabang. Pendataan dilakukan dari rumah ke rumah dimulai pada jam 13.00 sampai 17.00 WIB," kata Handoko.

Dia meminta kerjasama semua pihak mulai dari aparat desa, BPD, kepala dusun, ketua RT, pemuka masyarakat, tokoh agama tidak merasa khawatir ataupun waswas  serta berprasangka yang buruk terhadap kegiatan tersebut. 

" Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui Indeks Keluarga Sehat melalui 12 Indikator Keluarga Sehat sehingga dapat mengetahui masalah-masalah kesehatan yang ada diwilayah Desa Hilir Kantor," terangnya.

Dia juga menjelaskan bahwa petugas pendataan nantinya akan mengisi kuisioner dan memerlukan beberapa data dari keluarga yang dikunjungi, mohon kiranya dapat disiapkan foto kopi Kartu Keluarga, Buku KIA/KB atau Kartu Menuju Sehat bila ada bayi balita (bila ada),Kartu BPJS/KIS (Bila ada). 

"Petugas puskesmas dilengkapi dengan kartu pengenal dan surat tugas resmi dari kepala puskesmas Ngabang dan menggunakan rompi biru bertuliskan Tim Kesehatan Puskesmas Ngabang," jelas Handoko.

 Ditempat terpisah, Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa, mengucapkan mendukung serta mengajak masyarakat untuk terus memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada petugas pendataan Keluarga Sehat.

“Saya mengajak masyarakat  Desa Hilir Kantor nuntuk berpartisipasi aktif dalam Pendataan Keluarga Sehat , guna membangun keluarga-keluarga sehat di Kabupaten Landak. Untuk itu, pesan Kepala Puskesmas Ngabang diharapkan masyarakat Desa Hilir Kantor tidak perlu takut akan pendataan tersebut dengan mengecek kartu pengenal dan surat tugas resmi dari kepala puskesmas Ngabang serta menggunakan rompi biru bertuliskan Tim Kesehatan Puskesmas Ngabang,” ujar Karolin.

Bupati Landak menjelaskan pendataan keluarga sehat ini merupakan wujud dari keseriusan pemerintah untuk membangun kehidupan keluarga yang sehat.

“Ini merupakan salah satu keseriusan pemerintah dalam membangun kehidupan keluarga yang sehat. Pendataan Keluarga Sehat memiliki 12 indikator yang menjadikan sebuah keluarga tersebut masuk kategori Keluarga Sehat dengan garis besarnya itu yang pertama Program Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, kedua Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular, dan yang ketiga Perilaku dan Kesehatan Lingkungan,” jelas Karolin.

Penulis: AP
Editor: Asmuni 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini