Kantor Perpustakaan Dan Kearsipan Landak Berbasis Inklusi Sosial

Editor: Redaksi
Kepala dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Landak Ursus memberikan pelayanan kepada anak TK
LANDAK, suaraborneo.id - pemerintah kabupaten ( Pemkab) Landak melalui kantor perpustakaan dan kearsipan memberikan pelayanan perpustakaan berbasis Inklusi sosial kepada masyarakat.

Hal ini menunjukkan bahwa perpustakaan mengemban amanah sebagai tempat pembelajaran dan kemitraan bagi masyarakat yang dikelola secara profesional dan terbuka bagi semua kalangan sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang berkeadilan dan dapat diukur capaian kinerja bagi kesejahteraan masyarakat. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan kabupaten Landak Ursus, mengungkapkan pada intinya perpustakaan tidak hanya melayani untuk membaca buku saja tapi bisa juga untuk memfasilitasi berbagai kegiatan untuk masyarakat.

"Perpustakaan berbasis Inklusi ini diharapkan bisa langsung dirasakan oleh masyarakat," ujar Ursus, Kamis (23/10/2019).

Ursus mencontohkan, bagi masyarakat yang mau berlatih membuat kue secara kelompok, atau kegiatan lainnya yang bisa untuk menambah penghasilan masyarakat bisa menggunakan fasilitas yang ada di kantor perpustakaan.

" Itu tujuan dari perpustakaan berbasis Inklusi ini. Jadi bisa langsung dirasakan oleh masyarakat," terang Ursus.

Selain itu kata Ursus, perpustakaan juga memfasilitasi ditingkat desa seperti PAUD dan TK. Mereka berkelompok belajar bisa mendapatkan pelatihan dari perpustakaan.

Selama ini baru tiga desa yang sudah dilaksanakan pelatihan. Yaitu desa Pawis, desa Hilir Tengah dan desa Hilir Kantor.

Di desa Pawis mengajar anak-anak PAUD, di desa Hilir Tengah mengajar anak-anak TK dan desa Hilir Kantor mengajar TK untuk mengoperasikan komputer.

" Jadi mereka silakan datang di kantor perpustakaan menggunakan fasilitas yang ada, seperti komputer, internet bisa di pakai secara gratis," terang Ursus.

Penulis : AP
Editor: Asmuni
Share:
Komentar

Berita Terkini