Calon Kades Sengah Temila Gelar Deklarasi Damai

Editor: Redaksi
Calon Kades menandatangani kesepakatan deklarasi damai
LANDAK, suaraborneo.id - para calon Kades di kecamatan Sengah Temila yang mengikuti Pilkades serentak pada 18 Nopember 2019 ini, melakukan Deklarasi Damai dan pawai dihalaman kantor Camat Sengah Temila, Rabu (30/10/2019) siang.

Kegiatan dibuka langsung oleh camat Sengah Temila serta di hadiri oleh Kapolsek Sengah Temila, Dewan Adat Dayak Sengah Temila, Seluruh Sekdes dan Ketua BPD yang ada di Kecamatan Sengah Temila.

Camat Sengah Temila Emilius menyampaikan, bahwa tujuan dari kegiatan ini dilaksanakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, supaya pelaksanaan Pilkades Serentak di kecamatan Sengah Temila Tahun 2019 ini berjalan dengan lancar, damai, saling menjaga ketertiban dan keamanan.

"Sehingga keamanan pada saat proses Pilkades terjaga dan tidak ada hoax atau propokasi antara satu dengan yang lain para calon kades di masing-masing desa, semuanya diharapkan dapat berjalan dengan lancar, sesuai dengan yang diharapkan," ujar Emilius.

Camat, juga mengingatkan kepada calon Kades apabila melaksanakan kampanye, harus berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dan tidak menjelek-jelekan calon Kades lain yang dapat mengundang provokasi

"Kita harus mewujudkan Pilkades serentak ini dengan bebas, rahasia, jujur, adil dan tanpa ada paksaan dari pihak mana pun," ungkap Emilius.

Emilius juga memaparkan bahwa ada 10 Desa dari 14 desa di Kecamatan Sengah Temila yang mengikuti Pilkades Serentak Tahun 2019 ini, yaitu Desa Pahauman, Sebatih, Sidas, Senakin, Aur sampuk, Paloan, Tonang, Koranji Paidang, Gombang dan Rabak.

"Jumlah peserta calon kades di Kecamatan Sengah Temila ada 44 orang, jumlah pemilih yang terdaftar ada 35.337 orang dan jumlah TPS ada 174 lokasi," papar Emilius.

Di tempat terpisah Bupati Landak Karolin Margret Natasa, mengapresiasi dan mendukung penuh langkah Kecamatan Sengah Temila yang 
menggelar Deklarasi Damai dan Pawai Para Calon Kepala Desa.

"Saya mengapresiasi dan mendukung penuh langkah kecamatan Sengah Temila yang menggelar deklarasi damai dan pawai para calon kepala desa untuk terciptanya Pilkades serentak yang aman, damai dan kondusif,"ucap Karolin.

Bupati Landak juga berpesan kepada calon Kades yang ikut Pilkades serentak harus siap menang dan siap kalah.

"Dalam pelaksanaan kampanye harus mematuhi aturan dan hindari konflik antara pendukung dan semua kegiatan harus tertib, Damai, harus hindari ujaran kebencian yang berbau SARA, dan yang terpenting Calon Kades ini harus siap menang dan siap kalah dalam kontestasi tersebut,"pesan Karolin.


Penulis AP
Editor Asmuni
Share:
Komentar

Berita Terkini