-->

Pos Tanggap Darurat Kabut Asap Kabupaten Sekadau

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Bupati Sekadau, Rupinus bersama dinas terkait dan Forkopimda poto bersama usai acara lounching Pos tanggap darurat kabut asap 
SEKADAU, suaraborneo.id - Pemerintah daerah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau adakan Pos Tanggap Darurat Kabut Asap atau layanan kesehatan darurat dalam mengantisipasi penyakit penyebab kabut asap. 

Henry Alpius, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau mengatakan, dalam mengantisipasi dan membantu masyarakat akibat bahaya kabut asap, Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau menyediakan Pos Tanggap Darurat Kabut Asap atau layanan kesehatan darurat. Pada Pos tanggap darurat kabut asap ini disediakan, Petugas kesehatan, pemeriksaan kadar oksigen dalam darah, oksigen murni dan obat-obatan untuk mengantisipasi gawat darurat yang diakibatkan oleh kabut asap. 

"Mengingat, akibat dari kabut asap ini dimanapun bisa terjadi dan serangannya bisa mendadak dalam waktu yang tidak begitu lama akibatnya bisa bahaya bahkan sampai kematian," jelasnya. 

Henry Alpius mengatakan, pada Pos tanggap darurat kabut asap ini sifatnya emergency atau pertolongan pertama. Apabila tidak mampu ditangani disini maka akan dilanjutkan ke RSUD Sekadau karna kami sudah bekerjasama dan mobil Ambulan dengan petugas kesehatan sudah standby. 

"Kami juga sudah memerintahkan kepada semua Puskesmas di Kabupaten Sekadau supaya melakukan hal yang serupa," kata Hendri Alpius saat launching Pos tanggap darurat kabut asap, Rabu (18/9) pagi. 

Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutannya yang sekaligus melaunching Pos tanggap darurat kabut asap ini mengatakan, ada atau tidak ada imbauan, supaya Pemkab sekadau segera mengadakan Pos tanggap darurat kabut asap yang melibatkan sumber daya yang ada  karna kabut asap sudah semakin tebal dan semakin berbahaya. 

"Kepada Puskesmas yang ada di Kabupaten Sekadau juga sudah kita imbau supaya melakukan hal yang sama. Kita upayakan, kita maksimalkan apa yang bisa dilakukan. Dengan doapun boleh dilakukan supaya turun hujan," imbaunya. 

Bupati Sekadau meminta kepada dinas terkait supaya membuat surat kepada pengurus Gereja, Masjid supaya mendoakan agar turun hujan. Hal yang sederhana juga harus dilakukan seperti bagi-bagi masker kepada masyarakat. 

Kepada teman-teman wartawan, sampaikan kepada masyarakat bahwa sudah ada Pos tanggap darurat kabut asap yang terletak di Pos BPBD atau depan tugu PKK jalan Merdeka Timur Sekadau Kalbar. 

"Saya minta kepada dinas terkait supaya mengimbau kepada masyarakat agar jangan melakukan pembakaran apapun bentuknya. Kalau bisa dalam situasi seperti ini, tahan dulu, karna membakar sedikit saja sudah berakibat fatal," pesannya. 

Bupati Sekadau juga mengimbau kepada masyarakat, agar tidak keluar rumah jika tidak ada urusan penting. Kalapun harus keluar rumah supaya menggunakan masker. Bagi pengguna kendaraan supaya berhati-hati apalagi pada pagi hari jarak pandang hanya beberapa meter saja. 

Penulis: Tim liputan 
Editor: Asmuni 




Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini