-->

Penyerahan Bantuan Rumah Swadaya Untuk Warga Miskin

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Bupati Sintang, Jarot Winarno menyerahkan bantuan Rumah Swadaya kepada warga miskin Desa Air Nyuruk Kecamatan Ketungau Hilir 
SINTANG, suaraborneo.id - Bupati sintang, Jarot Winarno di dampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten 
Sintang, Zulkarnain menyerahkan bantuan rumah Swadaya untuk warga miskin Desa Air Nyuruk Kecamatan Ketungau Hilir, Sabtu (23/08/2019). 

Bupati sintang, Jarot Winarno di depan warga desa Air Nyuruk menyampaikan bahwa pembangunan atau bantuan rumah 
Swadaya untuk warga miskin ini merupakan progam pemerintah untuk membantu warga 
miskin yang ada di setiap desa agar memiliki rumah yang layak huni. 

"Program ini pada dasarnya sebagai pendorong bagi warga miskin agar dapat memperbaiki rumahnya yang rusak baik rusak ringan maupun rusak berat sehinga menjadi rumah layak huni,“kata Jarot”

Bupati Sintang menyebut, dengan bantuan seperti ini diharapkan kepada masyarakat secara bersama – sama bisa turut membantu dan bahu membahu dalam memperbaiki rumah warga miskin, baik 
dalam bentuk material bangunan, dana, tenaga dan lain sebagainya. 

"Dengan kata lain, pembangunan atau bantuan rumah Swadaya ini juga dapat menumbuhkan budaya gotong 
royong bagi warga desa Air Nyuruk agar kembali kuat, sesuai dengan tema hari kemerdekaan tahun ini yakni, SDM unggul Indonesia maju, warga desa Air Nyuruk juga maju,“Tutur Jarot. 

Kepala Dinas Perumahan Rakyat (Perkim), 
Zulkarnain dalam sambutannya menuturkan, bantuan rumah Swadaya ini di sesuaikan dengan kerusakan setiap rumah. Jika rusak ringan mendapat bantuan sebesar Rp6 - 7,5 juta atau dengan sebutan bantuan peninkatan kualitas (PK). Sementara, jika rumah rusak berat akan diberikan bantuan sebesar Rp15  – 17 juta rupiah per unit atau disebut dengan pembangunan baru ( PB). 

"Bantuan rumah Swadaya untuk desa Air Nyuruk ini sebanyak 43 warga yang berhak menerima bantuan berbentuk material, ”kata zulkarnen. 

Zulkarnain mengatakan, untuk Kecamatan Ketungau Hilir ada beberapa desa yang sudah mendapatkan bantuan untuk rumah Swadaya. Untuk desa Kenuak sebanyak 42 warga, desa Semareh sebanyak 62 
warga. Desa Telaga Kecamatan Binjai ada 45 warga. 

Bantuan ini kata dia, merupakan bantuan dari pemerintah pusat dengan 
mengunakan dana DAK APIRMASI tahun 2019. Tentu bantuan seperti ini tidak sembarangan kita kucurkan dan harus melalui proses yang panjang dan sesuai dengan peruntukan bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan serta dalam katagori miskin dan melalui data 
yang ada dari desa tersebut. 

“Saya selaku Kepala Dinas Perumahan Rakyat juga atas nama pemerintah daerah 
Kabupaten Sintang mengajak kita semua, mari kita sama- sama menjaga dan memelihara apa yang telah di berikan pemerintah kepada kita, hal ini menunjukan bukti nyata pemerintah hadir di tengah –tengah kita dalam penyediaan hunian yang layak bagi masyarakat miskin yang diharapkan mampu meningkatakan kualitas hidup layak dan sehat,” tutur zulkarnain. 

Sumber: Humas Pemkab Sintang
Editor: Asmuni
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini