KPU Kabupaten Landak Rapat Koordinasi untuk Tahapan Coklit Pemilihan Tahun 2024

Editor: Antonius
Sebarkan:

Acara rapat koordinasi di aula hotel Hanura Ngabang (foto Antonius)
LANDAK, suaraborneo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Landak mengadakan rapat koordinasi untuk tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit) dalam rangka persiapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat serta Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Landak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024. Acara ini dilaksanakan di aula hotel Hanura Ngabang, pada tanggal 4 Juli 2024.

Dihadiri oleh perwakilan Forkompinda dan anggota Ikatan Wartawan Online (IWO) di Landak.

Acara dibuka oleh Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Landak, Musa, yang didampingi oleh Helena Sumanti, M Tarmizi, dan Yovianus Jupriono Ikoniko.

Dalam sambutannya, Musa menyampaikan bahwa tahapan proses pemilihan sudah berjalan dan saat ini memasuki tahap coklit.

Kabupaten Landak memiliki sebanyak 1000 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan menjadi lokasi pemilihan. Proses coklit akan dilaksanakan mulai tanggal 24 Juni 2024 hingga 24 Juli 2024.

"Setelah tahapan coklit selesai, tahap berikutnya adalah pendaftaran calon pada bulan Agustus 2024," ucap Musa.

Setelah acara pembukaan, masing-masing komisioner KPU kabupaten Landak menyampaikan sambutan dan materi rapat koordinasi. Ketua Divisi Sumber Daya Manusia dan Parmas, Helena Sumanti, menyampaikan tentang pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit).

Rapat koordinasi ini juga akan dilakukan sosialisasi kepada pemilih, terutama kepada pemilih tingkat pemula atau masyarakat yang baru pertama kali ikut dalam pemilihan. 

"Sosialisasi tersebut direncanakan akan lebih difokuskan di desa-desa di kecamatan agar tepat sasaran," kata Helena Sumanti.

M Tarmizi menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini bertujuan untuk melanjutkan kegiatan yang sudah berjalan, serta membahas permasalahan yang muncul selama proses coklit dilapangan.

"Maka dari itu, kami mengundang semua pihak untuk hadir dalam rapat ini untuk melakukan koordinasi bersama," kata M Tarmizi.

Ia juga menjelaskan bahwa masa tahapan coklit berlangsung dari tanggal 24 Juni hingga 24 Juli 2024. Dengan adanya rapat koordinasi ini, diharapkan proses tahapan pemilihan ke depan dapat berjalan dengan baik.

Anggota KPU kabupaten Landak, Yovianus Jupriono Ikoniko, juga menyampaikan laporan mengenai pemutakhiran data pemilih yang sudah dilakukan hingga tanggal 24 Juli 2024.

Rapat koordinasi ini memberikan kesempatan bagi semua peserta untuk memberikan saran, masukan, atau rekomendasi kepada KPU dalam rangka optimalisasi data pemilih.

Selama rapat koordinasi, perwakilan yang hadir memberikan saran dan pendapat terkait proses tahapan pemilihan agar dapat diselenggarakan dengan aman dan lancar. Diharapkan melalui kerja sama dan koordinasi ini, pemilihan di kabupaten Landak dapat berjalan dengan baik. (Anton)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini