Ketua Bawaslu Landak Buka Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Editor: Antonius
Sebarkan:

Ketua Bawaslu kabupaten Landak Barto Agato Dirgo menyampaikan sambutan saat membuka sosialisasi 
LANDAK, suaraborneo.id - Bawaslu kabupaten Landak sosialisasi pengawasan partisipatif dalam rangka persiapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu tahun 2024, di kabupaten Landak di aula hotel Hanura Ngabang, Rabu (31/01/2024).

Sosialisasi dibuka oleh ketua Bawaslu kabupaten Landak Barto Agato Dirgo, didampingi oleh anggota Moh Murtado, dan panitia mengundang peserta:

1. Camat se – Kabupaten Landak

2. Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 

3. Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) 

4. Forum Kepala Desa Kab. Landak 5. Forum Badan Permusyawaratan Desa Kab. Landak 

6 .DAD Kab. Landak 

7. Muhammadiyah Kab. Landak 

8. Paguyuban Batak Kab. Landak 

9. Paguyuban Jawa Kab. Landak 

10.MABM Kab. Landak 

11.  MABT Kab. Landak 

12. PWKI Kab. Landak 

13.WKRI Kab. Landak 

14. Fatayat NU Kab. Landak 

15.Alumni SKPP Bawaslu Kab. Landak 

16. Relawan Humas Bawaslu Kab. Landak 

17. PC NU Kab. Landak 

18. Media yang ada di kabupaten Landak.

Panitia mengundang narasumber Drs. Petrus Kanisius, Ng, (Ketua Bawaslu Kabupaten Landak 2018-2023) dan Bonifasius, komisioner Bawaslu kabupaten Landak (2018-2023).

Dalam sambutannya ketua Bawaslu kabupaten Landak Barto Agato Dirgo, menyampaikan Kejahatan suara terbesar dalam pemilu, adalah mencuri atau memindahkan suara orang lain.

Selama masa tahapan kampanye, Bawaslu juga sudah memberikan saran perbaikan kepada peserta pemilu yang melanggar aturan pemilu. Ketika ada temuan kita memberikan saran perbaikan kepada peserta pemilu, misalnya yang tidak menggunakan surat tanda terima pemberitahuan (STTP), agar membuat STTP di Polres Landak.

"Bagi peserta yang belum ada STTP maka diberikan surat saran perbaikan, agar membuat STTP di Polres Landak. Bawaslu tetap mengutamakan pencegahan jangan sampai terjadi pelanggaran," ungkap Dirgo.

Demikian juga pada pemungutan dan penghitungan suara, Jumlah logistik harus cocok, dan pastikan semua cukup. Jangan sampai ada yang kurang surat suara atau logistik lainnya.

Dia mengajak kepada semua stakeholder untuk mengawasi pemilu dapat dilakukan dengan baik dan benar agar pemilu di kabupaten Landak berintegritas.

Kapolres Landak diwakili oleh kasat Intelkam Iptu Hengky Gunawan, menghimbau kepada peserta pemilu yang kampanye supaya membuat STTP. 

"Jangan sampai kampanye tidak ada STTP, dan mendapat saran perbaikan dari Bawaslu, lalu marah' padahal STTP itu sangat penting,"pesan Iptu Hengky Gunawan.

Dandim 1210 Landak diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Mino, menyampaikan waktu sudah tidak lama lagi, mengharapkan untuk berpartisipasi pemilu tahun 2024 akan lebih baik lagi. Hasilnya memuaskan seluruh masyarakat di Indonesia, 

"Pemilu berjalan dengan baik, demi kelancaran kita bersama-sama, dan berintegritas," harap Mayor Mino.

Sementara itu PJ Bupati Landak diwakili staf ahli Bupati Landak Nikolaus, menyampaikan harapan kepada banyak ASN supaya menjaga netralitas. Semoga kegiatan pemilu sesuai undang-undang berjalan aman dan lancar dan berintegritas.

"Pada tanggal 14 Febuari 2024, pemilu memilih presiden dan wakil presiden, kemudian calon legislatif. Harapan kita proses pemilu berjalan lancar," harap Nikolaus.(Anton)



Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini