Penanaman Pohon Meriahkan HUT Ke-20 Pemerintah Kabupaten Sekadau di Taman Kehati

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Kegiatan penanaman pohon di Taman Kehati Sekadau dalam rangka HUT Pemkab Sekadau ke-20 tahun 2023. Foto:dn
Sekadau, Kalbar | Suaraborneo.id - Pemerintah Kabupaten Sekadau, melalui Dinas Lingkungan Hidup, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 dengan melakukan kegiatan penanaman pohon di Taman Kehati Sekadau. Acara ini dilaksanakan di Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Bupati Sekadau, Jalan Merdeka Timur Pal 9, Desa Bokak Sebumbun, Kecamatan Sekadau Hilir, pada Jumat, 15 Desember 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Apeng Petrus, menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon ini adalah wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Sekadau terhadap pelestarian lingkungan. Tujuannya adalah untuk menambah spesies tanaman di lokasi konservasi tumbuhan endemik, yang juga berfungsi sebagai tempat penelitian dan wisata ekologi.

Bupati Sekadau, Aron, dalam sambutannya menyampaikan keprihatinan terhadap perubahan iklim dan suhu yang semakin terasa panas. Dia menyoroti fenomena global warming atau pemanasan global yang disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti operasional pabrik, kendaraan bermotor, dan emisi gas ke atmosfer yang menghasilkan karbon dioksida (CO2).

"Mengingat kondisi iklim saat ini yang memprihatinkan, patutnya kita bergerak untuk bersinergi upaya mengambil langkah-langkah guna menyelamatkan bumi dari pemanasan global, tentu melestarikan lingkungan hidup agar anak cucu kita kelak dapat menikmati," ujarnya.

Peringatan HUT Pemkab Sekadau yang ke-20 ini menjadi momen bahagia sekaligus ajakan kepada seluruh elemen pemerintahan dan organisasi masyarakat untuk peduli terhadap bumi. Aron mengusulkan semboyan "One Man, One Tree," di mana setiap orang berkewajiban menanam 25 pohon sejak SD.

"Sesuai semboyan 'One Man, One Tree,' maka Kabupaten Sekadau yang memiliki 200.000 jiwa, seharusnya penduduk menanam 200.000 batang pohon. Bahwa, setiap orang berkewajiban untuk menanam 25 pohon sejak SD," tambahnya.

Bupati Aron juga mengajak para camat, unsur pemerintah kecamatan, kepala desa, dan unsur pemerintah desa untuk aktif melakukan penanaman pohon di daerah masing-masing. 

"Mari rawat bumi kita dengan menanam pohon sebanyak mungkin. Hari ini sengaja dipusatkan di Taman Kehati karena sebagai paru-paru kota dan wisata masyarakat Kabupaten Sekadau," ajaknya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, Forkopimda, para ketua organisasi wanita, dan kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau. Dengan semangat kebersamaan, penanaman pohon ini diharapkan dapat menjadi langkah konkrit dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup untuk generasi mendatang. (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini