Bupati Kapuas Hulu Buka Festival Budaya Kayaan Mendalam ke-IV: Memperkuat Identitas Generasi Muda

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Pembukaan Festival Budaya Kayaan Mendalam ke-IV di Lapangan Sepak Bola Desa Datah Dian, Kecamatan Putussibau Utara. Foto:ist
Putussibau, SB — Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, secara resmi membuka Festival Budaya Kayaan Mendalam ke-IV di Lapangan Sepak Bola Desa Datah Dian, Kecamatan Putussibau Utara, pada malam Rabu (15/11/23). Acara ini bertujuan memperteguh karakter generasi muda Kayaan melalui nilai budaya leluhur.

Dalam sambutannya, Bupati Fransiskus Diaan menyampaikan selamat atas terselenggaranya festival ini dan menyoroti pentingnya memahami asal-usul adat istiadat Kayaan Mendalam, terutama di tengah dominasi digitalisasi. Dia mengungkapkan kekhawatiran bahwa generasi muda cenderung fokus pada dunia digitalisasi daripada warisan budaya.

"Saya sangat mendukung kegiatan seperti ini agar menumbuhkan rasa cinta kepada budaya. Melalui Festival Budaya Kayaan Mendalam, diharapkan generasi muda dapat memahami dan mempertahankan nilai-nilai leluhur," ujar Bupati Fransiskus Diaan.

Selain itu, Bupati berharap agar festival ini dapat menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya. "Kegiatan ini sebaiknya dilaksanakan setiap tahun, paling lambat bulan 11 atau 12. Sebaiknya tidak mepet-mepet, sehingga panitia dapat mempersiapkannya dengan baik dalam dua atau tiga bulan sebelumnya," tambahnya. 

Festival ini diharapkan menjadi wadah untuk menggali, memahami, dan merayakan kekayaan budaya Kayaan Mendalam demi menjaga warisan leluhur. (fd)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini