Kesbangpol Landak Launching Logo Forkomas Kabupaten Landak

Editor: Antonius
Sebarkan:

Plh Sekda Landak Theresia Limawardani saat membuka acara launching logo Forkomas kabupaten Landak,( foto Antonius)

LANDAK, suaraborneo.id - Pemerintah kabupaten Landak melalui Badan Kesatuan Bangsa dan politik (Kesbangpol) melakukan launching logo Forkomas, dan pendidikan politik bagi perempuan dengan tema, peran perempuan dalam politik. Kegiatan dilaksanakan di aula hotel Grand Landak, Kamis (26/10/2023).

Selain itu juga dilaksanakan launching peraturan Bupati Landak nomor 42 tahun 2023 tentang pedoman pembentukan forum koordinasi dan komunikasi organisasi kemasyarakatan (Forkomas) dan logo Forkomas sekaligus komitmen bersama kabupaten Landak dalam mendukung Forkomas tahun 2024.

Acara dibuka oleh Plh Sekda Landak Theresia Limawardani, menyampaikan sambutan PJ Bupati Landak, bahwa Kebijakan keterwakilan perempuan ini telah di atur dalam UU no 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum dan Permendagri nomor 36 tahun 2010 tentang pedoman fasilitasi penyelenggaraan pendidikan politik.

" Pendidikan politik bagi perempuan sangat penting untuk meningkatkan partisipasi politik kaum perempuan serta mendorong kaum perempuan untuk lebih berperan dalam pengambilan keputusan (Decisioj maker) baik itu pada level eksekutif maupun level legislatif," ujar Theresia Limawardani.

Dijelaskannya kontribusi perempuan di sektor politik adalah sebuah keharusan. karena itu perempuan indonesia khususnya kabupaten landak harus bergerak bersama melampaui sekat-sekat politik, sosial dan budaya untuk membangun sisterhood (persaudaraan wanita) dalam mewujudkan cita-cita bersama. 

Peran perempuan sangat penting untuk kemajuan dan pembangunan bangsa. dengan demikian, partisipasi politik kaum perempuan, harus terus ditingkatkan, perempuan memiliki peranan yang besar dalam pembangunan. Posisi kaum perempuan sejak masa lampau hingga kini telah menempatkan perempuan sebagai mitra sejajar dengan kaum pria.

 " Perempuan memiliki kesempatan dan mempunyai tanggung jawab yang sama terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi majunya pembangunan, khususnya di kabupaten landak, pentingnya peranan perempuan tersebut termasuk juga di bidang politik," jelas Limawardani.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Landak Samsul Bahri, menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan:

1. Meningkatkan wawasan kebangsaan seluruh ormas agar selalu berpedoman pada empat pilar kebangsaan, (Pancasila, UUD 1945,) Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika 

2. Menjaga iklim kondusifitas ditengah-tengah masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dan terpengaruh isu-isu politik 

3. Untuk meningkat partisipasi masyarakat pemilih pada pemilu dan pemilihan tahun 2024 

4. Memberikan pemahaman agar masyarakat dapat memilih sesuai hati nurani yang jujur tanpa tergoda kepentingan sesaat, seperti "money politic" 

5. Regulasi kebijakan, penataan organisasi, penataan tatalaksana, penataan SDM aparatur, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan organisasi masyarakat di kabupaten Landak 

Acara dihadiri oleh para anggota Forkompinda kabupaten Landak kepala OPD kabupaten Landak, narasumber  DR. JUMADI, S.Sos, M.SI,  ketua/perwakilan partai politik di kabupaten Landak,  ketua Forkomas kabupaten landak beserta anggota,  para anggota Forkopimcam kecamatan Ngabang ,  ketua Forkomas kecamatan Ngabang beserta pengurus.(Anton)




Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini