FKUB dan Forkomas kabupaten Landak Dikukuhkan oleh PJ Bupati Landak

Editor: Antonius
Sebarkan:

Acara pengukuhan pengurus FKUB dan Forkomas (foto Antonius)
LANDAK, suaraborneo.id - PJ Bupati Landak Samuel, mengukuhkan pengurus forum kerukunan umat beragama (FKUB) kabupaten Landak periode 2023-2028, dan pengurus Forum koordinasi dan komunikasi organisasi masyarakat (Forkomas) kabupaten Landak periode 2023 - 2027.

Pengukuhan dilaksanakan di aula kantor Bupati Landak, Senin (09/10/2023) yang dihadiri oleh jajaran Forkopimda dan undangan lainnya.

Acara penandatanganan berita acara pengukuhan Forkomas 

Dalam sambutannya PJ Bupati Landak Samuel menyampaikan ucapan atas nama pribadi, pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten landak, mengucapkan selamat kepada pengurus forum kerukunan umat beragama (FKUB) dan pengurus forum koordiasi ormas (FORKOMAS) yang dilantik hari ini, semoga dapat terus berkiprah menyumbangkan ide, gagasan dan aksi nyata demi kemajuan kabupaten Landak. 

FKUB dan Forkomas ini bukan dibentuk oleh pemerintah, tetapi dibentuk oleh masyarakat yang difasilitasi oleh pemerintah. sebab umat beragama dan ormas bukanlah objek, tetapi menjadi subjek atau pelaku utama dalam upaya memelihara kerukunan umat beragama. 

"Sehebat apapun program pemerintah untuk mewujudkan ketertiban dan ketenteraman, jika tidak didukung oleh masyarakat maka tidak akan memiliki arti apa-apa," ucap Samuel.

Menurut Samuel, kemajuan kabupaten Landak. masih sangat membutuhkan ide, gagasan dan kolaborasi serta sinergi antara forum forum dengan pemerintah kabupaten Landak. 

Saya berharap bisa memberikan edukasi pada masyarakat terkait isu-isu yang muncul dan berkembang agar tidak meresahkan, partisipasi aktif FKUB dan Forkomas.

"Dalam pembangunan kabupaten Landak sangat dibutuhkan dengan memberikan saran masukan dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan beragama," harap Samuel.

Samuel juga minta kepada jajaran kantor kementerian agama kabupaten Landak dan instansi terkait lainnya agar secara rutin bisa melakukan silaturahmi, komunikasi, dan interaksi yang intens untuk menyampaikan hal-hal yang terkait dengan masalah tersebut. 

"Saya mengucapkan selamat kepada FKUB dan Forkomas kabupaten Landak yang dilantik hari ini. semoga FKUB dan Forkomas kabupaten Landak semakin maju, guna memberikan konstribusi terhadap pembangunan dan keamanan dan ketertiban serta peningkatan kesejahteraan masyarakat kabupaten," pinta Samuel.

Kepala Kesbangpol Landak Samsul Bahri,S.Pd.M.Si menyampaikan maksud dan Tujuan  pelaksanaan kegiatan pelantikan pengurus forum kerukunan umat beragama (FKUB) kabupaten landak periode 2023-2028,  agar dapat berperan aktif dan mampu meredam pertentangan karena adanya perbedaan dan mencegah ancaman dari yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan masyarakat.

"Dengan menjalin komunikasi dan dialog yang kreatif antar pemuka agama bersama-sama dengan pemerintah dan instansi terkait lainnya," ungkap Samsul Bahri.

Samsul Bahri menjelaskan, Forkomas ini untuk menciptakan harmonisasi dan kerukunan yang erat antar umat beragama di kabupaten Landak sehingga terwujud lingkungan yang aman, nyaman, dan kondusif.

Cepat tanggap persoalan berita-berita sara yang kemungkinan saja bisa terjadi dan mampu memberi pembinaan bimbingan keagamaan ke semua unsur agama yang ada di kabupaten Landak.

"Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan pelantikan pengurus forkomas sebagai

wadah komunikasi, berbagi informasi dan berkoordinasi yang bersifat antar/lintas organisasi kemasyarakatan dibawah koordinator Bakesbangpol," jelas Samsul Bahri. (Anton).



.




Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini