Gawai Dayak Ke-XII Tahun 2023 Kabupaten Sekadau Siap Digelar

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Konferensi pers Panitia Pelaksana Pekan Gawai Dayak ke-XII tahun 2023 Kabupaten Sekadau. Foto:as
Sekadau Kalbar, SB - Panitia pelaksana Pekan Gawai Dayak ke-XII tahun 2023 Kabupaten Sekadau menggelar Konferensi Pers terkait persiapan pelaksanaan Gawai Dayak XII tahun 2023 yang akan di gelar pada tanggal 18-22 Juli. Kegiatan di gelar di salah satu Cafe di Kabupaten Sekadau, Minggu (16/7/2023). 

Konferensi pers ini di hadiri oleh Ketua DAD Kabupaten Sekadau dan pengurus lainnya, Ketua Panitia Gawai Dayak ke-XII tahun 2023 dan panitia inti lainnya. 

Gawai Dayak ke-XII tahun 2023 Kabupaten Sekadau mengusung tema "Bersatu Untuk Semua" dengan Sub Tema "Dengan Persatuan Kita Wujudkan Dayak yang Maju, Bermartabat dan Berdaulat"

Ketua Panitia Pelaksana Gawai Dayak ke-XII tahun 2023 Kabupaten Sekadau, Martinus Siden didampingi Sekretaris, Yohanes Guntur mengatakan, untuk persiapan panitia sampai hari ini sudah kurang lebih 80 persen. 

"Besok kita sudah geladi bersih terkait persiapan pelaksanaan Gawai Dayak kita yang di pusatkan di Rumah Betang Youth Center Sekadau," katanya. 

Siden mengatakan, pembukaan Gawai Dayak pada hari Selasa pukul 07:00 Wiba pagi diawali dengan Pawai/Display Budaya yang diikuti oleh kontingen Dewan Adat Dayak (DAD) dari 7 kecamatan, Paguyuban serta  diikuti juga oleh Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) dan Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT).

Gawai Dayak ke-XII Kabupaten Sekadau akan dibuka oleh Bupati Sekadau, Aron. Sebagai Tuan Rumah Gawai Dayak ke-XI tahun 2023 Kabupaten Sekadau yakni dari Sub Suku Kerabat. 

Siden membeberkan ada 10 kegiatan seni yang akan di perlombaan pada Pekan Gawai Dayak ke-XII tahun 2023 Kabupaten Sekadau yang terdiri dari 6 lomba permainan rakyat di siang hari dan 4 lomba seni pertunjukan pada malam hari. 

Ketua DAD Kabupaten Sekadau, Jefray Raja Tugam mengatakan, Gawai Dayak ke-XII tahun 2023 Kabupaten Sekadau juga mengundang Gubernur Kalimantan Barat  ( Kalbar), Ketua DPRD Provinsi beserta Anggota DPRD Sanggau-Sekadau, Ketua DAD Provinsi Kalbar, Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Balai Sekretariat Budaya, Kementerian Wisata, Anggota DPR RI Dapil 2 Kalbar, DPD RI Maria Goreti dan Kristian Sanjaya, Bupati Sanggau, Sintang dan Melawi, Ketua DAD Sanggau, Sintang dan Melawi, OPD dan Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau, TBBR (hadir acara pembukaan dan pawai/display budaya Investor/Perusahaan yang ada di Kabupaten Sekadau, Lembaga Keuangan  CU dan Bank, tokoh-tokoh masyarakat, Ketua MABT, Ketua MABM, Raja Sekadau. 

Selain itu, Jefray mengatakan pada Gawai Dayak ke-XII tahun ini juga diadakan Seminar dengan Narasumber, unsur Pemerintah Daerah, Bupati Sekadau, Aron, Akademisi Rektor Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) Kabupaten Sekadau, Stefanus Masiun, Temanggung adat Sub Suku Kerabat dan Penggiat Budaya. 

"Gawai Dayak tahun kita adakan Seminar, kita ingin memberi dan mengingatkan apa yang belum kita ketahui agar bisa di catat di buku Dayak untuk menggali budaya dayak," pungkas Jefray Raja Tugam yang juga sebagai Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Demokrat. (red) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini