-->




TRC-IKB RAPI Wilayah 13 Sekadau Audiensi dengan BPBD

Editor: Asmuni
Sebarkan:

TRC-IKB RAPI Wilayah 13 Sekadau saat audiensi ke BPBD Kabupaten Sekadau. Foto:ist 
Sekadau Kalbar, Suaraborneo.id - Satuan Tugas (Satgas) Tim Reaksi Cepat Informasi Komunikasi Bencana (TRC-IKB) Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 13 Kabupaten Sekadau silaturahmi dan audiensi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau, Kamis (5/1/2023) pagi.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sekadau, Akhmad Suryadi beserta jajaran langsung menyambut kedatatangan jajaran RAPI yang dipimpin Kundori (JZ21LKD) selaku Ketua RAPI 13 Sekadau didampingi, Wakil Ketua RAPI Asmuni (JZ21AJH), Bendahara RAPI Kadarto (JZ21ALQ), Ketua Satgas TRC-IKB RAPI Dedy Firmansyah (JZ21AVS) dan Bendara TRC-IKB RAPI Suwartoyo (JZ21AVP).

“Terimakasih kepada jajaran RAPI yang selama ini pro aktif dalam membantu penanggulangan kebencanaan khususnya dalam informasi dan komunikasi. Karena BPBD tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari stakeholder atau mitra kerja seperti organisasi RAPI ini,” kata Akhmad Suryadi membuka sambutannya.

Ia juga memaparkan peta kebencanaan di Kabupaten Sekadau mulai dari bencana banjir, tanah longsor, kebekaran pemukiman, kebakaran hutan dan lahan.

“Sehingga dalam pencegahan memeperlukan sosialisasi kepada masyarakat dan RAPI diharapkan bisa membantu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RAPI Wilayah 13 Sekadau, Kundori (JZ21LKD) mengucapkan terimakasih kepada kepala BPBD yang telah menerima kunjungan jajaran RAPI tersebut.

“RAPI secara nasional berdiri sudah 42 tahun, bukan hanya sebagai organisasi radio sekeder hobby, juga banyak memberikan kontribusi kepada pemerintah dalam informasi kebencanaan,” kata Kundori.

Ia menjelaskan, untuk kepengurusan RAPI di Sekadau dibentuk sejak tahun 2021 saat musibah banjir besar melanda Bumi Lawang Kuari. Saat itu juga RAPI dengan keterbatasan peralatan ikut terjun langsung dalam melakukan bantuan komunikasi bahkan menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban banjir.

“Nah, tujuan audiensi ini kami mohon dukungan dari BPBD Sekadau untuk memberikan materi pelatihan tentang kebencanaan. Karena RAPI Sekadau akan mengukuhkan Satgas TRC-IKB sekaligus acara syukuran ulang tahun ke-1 RAPI Sekadau,” kata Kundori.

Seperti diketahui, RAPI Wilayah 13 Kanbupaten Sekadau pada 19 Januari 2023 akan melakukan acara pengukuhan Satgas TRC-IKB, Pelatihan tentang Kebencanaan dan Syukuran Ulang Tahun ke-1 RAPI Sekadau.

Usai diskusi, Ketua RAPI 13 Sekadau, Kundori menyerahkan berkas Nota Kesepahaman BNPB RI dengan RAPI Nasional untuk ditindaklanjuti di daerah, kemudian menyerahkan SK pengurus RAPI Wilayah 13 Sekadau dan Satgas TRC-IKB. (tim) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini