-->




Kolaborasi IKIP PGRI Pontianak dengan Bawaslu dalam kegiatan KKM di Desa Sailo

Editor: Antonius
Sebarkan:

Foto bersama KKM IKIP PGRI Pontianak (foto Novi) 
 LANDAK, suaraborneo.id - Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak melakukan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Sailo, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak dari tanggal 23 November 2022 sampai 02 Desember 2022. 

KKM adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa dan pelaksanaan KKM mewajibkan mahasiswa turun secara langsung ke masyarakat. 

Dosen pembimbing KKM, Novi Andriati, M.Pd, mengungkapkan KKM tidak hanya dibidang pendidikan, KKM juga mewajibkan mahasiswa dapat bersosialisasi dengan masyarakat daerah. 

" Tujuan agar mahasiswa mampu bersosialisasi dengan baik dan meningkatkan jiwa sosial agar ketika mahasiswa sudah menyelesaikan masa kuliah, mereka mampu dan sudah memiliki rasa sosial yang tinggi, " ungkap Novi Andriati, M. Pd. 

Dijelaskannya, Mahasiswa KKM kelompok 15 Kecamatan Mempawah Hulu ditempatkan di Desa Sailo, Kabupaten Landak berjumlah 19 mahasiswa, dan 2 dosen pembimbing ( Novi Andriati, M.Pd dan Ema Sukmawati, M.Pd). Sasaran utama KKM Kecamatan Mempawah Hulu adalah Dusun Balidak, Dusun Jawa, dan Dusun Karasik.

 Adapun program kerja yang dilaksanakan selama KKM di Desa Sailo dari tanggal 12 November-02 Desember 2022 sebagai berikut : 

1. Bimbingan belajar untuk anak PAUD Kasih Bunda dan SDN 03 Silau

Bimbingan belajar PAUD dilaksanakan disetiap hari Rabu dan Jumat jam 08:00 WIB selama 4 kali pertemuan terhitung dari tanggal 23 November 2022 sampai 02 Desember 2022. Mahasiswa yang membimbing kegiatan ini terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu Dusun Karasik, Dusun Balidak dan Dusun Balitong. 

Selanjutnya adalah bimbingan belajar tingkat SD yang dilaksanakan setiap hari selasa dan kamis jam 14:00 WIB. Bimbingan ini dilaksanakan untuk kelas 1-6 SD. Mahasiswa terbagi menjadi 6 kelompok dimana di setiap kelompok beranggotakan 2 orang yang mengampu bimbingan belajar ditiap kelasnya. 

2. Pelayanan Kemasyarakatan.

Dalam pelayanan kemasyarakatan ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu bersih-bersih lingkungan dan pemasangan plank disetiap dusun sasaran. Pada tanggal 16 November 2022 pertama kali dilaksanakannya kegiatan bersih-bersih di Dusun Jawa.

Pada tanggal 18 November 2022 kami kembali melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan di Dusun Balidak dan pada tanggal 26 November 2022 kami melaksanakan kegiatan bersih bersih lingkungan di Dusun Karasik. 

Selanjutnya adalah pemasangan plank di tiap dusun sasaran dan RT setempat juga pemasangan plank Jalan pada tanggal 30 November 2022.

3. Pelayanan Keagamaan 

Pelayanan keagamaan dilaksanakan setiap hari minggu di Gereja Babtis Karmel Kersik, Gereja Katolik ST.Yohanes Pemandi, dan Kapel Santa Ursula. Tidak hanya ibadah pada hari minggu, kegiatan lain yang dilakukan mahasiswa adalah melakukan latihan persiapan ibadah yang dilaksanakan tiap malam minggu sehari sebelum ibadah dilaksanakan. 

4. Sosialisasi (Bekerjasama dengan Bawaslu dan Puskesmas Setempat).

Program kerja sosialisasi yang bertemakan “peningkatan pengetahuan masyarakat” dilaksanakan pada tanggal 27 November 2022 dan tempat pelaksanaan nya adalah SDN 03 Silau Desa Sailo, Dusun Jawa , Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak. Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat yang berada di Desa Sailo, baik secara pendidikan,kesehatan dan kepemiluan.                

5. Malam Keakraban (Makrab) 

Malam keakraban yang biasa disebut makrab adalah malam dimana para mahasiswa berkumpul bersama masyarakat dan kepala desa beserta staf untuk berkomunikasi dan membicarakan tentang kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa selama kurang lebih 3 minggu terhitung dari tanggal 12 November – 02 Desember 2022. Malam keakraban juga sekaligus malam perpisahan mahasiswa dan masyarakat Desa Sailo dengan di adakannya makan bersama. (Anton/Novi) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini