-->

Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Bantingsor di Sanggau

Editor: Redaksi
Sebarkan:
Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Banjir, Angin Puting Beliung dan Tanah Longsor, diwilayah hukum Polres Sanggau. Foto:bry
Sanggau Kalbar, suaraborneo.id - Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Banjir, Angin Puting Beliung dan Tanah Longsor, diwilayah hukum Polres Sanggau dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sanggau, Kompol Ida Bagus Gde Sinung, turut dihadiri oleh Dandim 1204 Sanggau, Letkol Infanteri Bayu Yudha Pratama, BPBD, Pol PP, dan Dinas serta Instansi terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau, Kamis, (13/10/2022).

Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Bantingsor ini dilakukan guna mengecek kesiapan Personel dan sarana prasarana sebagai tanggungjawab dan kepedulian terutama bencana banjir yang sedang terjadi saat ini serta untuk meningkatkan sinergitas dengan Instansi terkait, Kamis, (13/10/2022).

Berdasarkan karakteristik kerawanan daerah diwilayah masing-masing khususnya Kabupaten Sanggau, yang memiliki karakter bencana alam yang khusus, bencana alam yang sering terjadi sesuai dengan kalender Kamtibmas.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan hampir seluruh wilayah Kalbar terjadi curah hujan yang sangat tinggi di bulan Oktober. Curah hujan di Kalbar melebihi normal dasarian, beberapa diantaranya melebihi ambang batas ekstream.

"Diwilayah Kabupaten Sanggau merupakan daerah yang rawan bencana seperti bencana banjir yang sering terjadi, contohnya yang kita alami di bulan Januari Tahun 2022," kata Kompol Ida Bagus Gde Sinung, Kabag Ops Polres Sanggau.

"Faktor terjadinya banjir kita semua tahu, bahwa dari sekian luas wilayah yang menjadi perkebunan, faktor itulah sebagai salah satu pecetus atau penyebab terjadinya bencana banjir apabila curah hujan yang cukup tinggi," pungkasnya.

Kabag Ops Polres Sanggau berharap kepada masyarakat agar memiliki kesadaran adanya kesiapsiagaan serta terbiasa melakukan upaya mitigasi bencana sehingga dapat meminimalisir adanya korban apabila ada bencana alam. (Bry)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini