-->

Peran Kader Posyandu Penting untuk Memberi Pemahaman Tentang Stunting

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Jambore Kader Posyandu Perbatasan di kecamatan Badau. Foto:hmp
Kapuas Hulu, Kalbar - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2 dan KB) Kapuas Hulu mengadakan Jambore Kader Posyandu Perbatasan di kecamatan Badau. Kegiatan itu ditutup Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan Jumat (09/09/2022).

Kadis Kesehatan P2 dan KB Kapuas Hulu, H. Sudarso, meyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan kader Posyandu. 

"Kader Posyandu yang terlibat kegiatan itu 36 orang, mereka berasal dari Putussibau Utara, Embaloh Hulu, Batang Lupar, Badau, Empanang dan Puring Kencana. Sejauh ini, ada 90 Posyandu yang aktif dari 393 yang ada saat ini. Diharapkan juga dari kegiatan ini terbentuk kader Posyandu unggul sehingga pelayanan kesehatan ke masyarakat lebih optimal," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan, Posyandu berperan penting untuk membina masyarakat, utamanya dalam upaya penurunan kasus stunting. Masyarakat awam banyak yang kurang tahu faktor penyebab stunting.

"Peran kader Posyandu ini penting untuk memberi pemahaman tentang stunting," tegas pria yang akrab disapa Bang Sis ini.

Bupati Sis menegaskan, bahwa Kapuas Hulu berlimpah sumber daya alam. Hal ini sebetulnya tidak membuat masyarakat susah untuk pemenuhan gizi, bila saja asupan yang dibutuhkan itu dikonsumsi secara benar. 

"Saya berharap hasil pembinaan ini bisa memberi pemahaman ke masyarakat terkait penanggulangan stunting," ucapnya. 

Disamping itu, Bupati Sis juga mengingatkan terkait pandemi Covid-19 kepada masyarakat, pandemi ini belum seutuhnya berakhir. Ini masih ada ditemukan kasus di beberapa wilayah maka belum seutuhnya keadaan ini kembali normal. 

"Kita Jangan terlena karena situasi sekarang sudah dilonggarkan. Protokol kesehatan jangan kita lupakan," tutupnya. (hmp/fd) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini