-->


Pendidikan Politik Masyarakat dan Sosialisasi Kepada Ormas

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Kegiatan, Sosialisasi Pendidikan Politik Masyarakat sosialisasi kepada Organisasi Massa (Ormas) di Kabupaten Sekadau tahun 2022.
Sekadau Kalbar, Suaraborneo.id - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan, Sosialisasi Pendidikan Politik Masyarakat sosialisasi kepada Organisasi Massa (Ormas) di Kabupaten Sekadau tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Serbaguna lantai 2 kantor Bupati Sekadau, Senin (12/9/2022).

Laporan Ketua panitia pelaksana yang juga Kepala Kesbangpol Kabupaten Sekadau, Sapto Utomo mengatakan, salah satu tujuan dari kegiatan ini ialah, agar dapat mengenal dan memahami nilai-nilai ideal yang terkandung dalam sistem politik yang diterapkan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kegiatan Pendidikan Politik Masyarakat berupa sosialisasi kepada pengurus Ormas di Kabupaten Sekadau tahun 2022 ini merupakan salah satu upaya pemerintah kabupaten Sekadau melalui Kesbangpol untuk berperan aktif dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat menjadi pemilih yang cerdas," jelas Sapto Utomo.

"Untuk itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai dan norma dasar dari ideologi suatu negara yang dilakukan dengan sadar, terorganisir, terencana dan berlangsung kontinyu dari satu generasi kepada generasi berikutnya dalam rangka membangun watak bangsa," tambahnya.

"Saya juga mengucapkan selamat kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini, semoga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat yang dapat menyadarkan seluruh masyarakat bahwa mereka punya andil besar untuk menentukan arah bangsa dan negara kedepan," tutup Sapto Utomo.

Pada kesempatan itu juga, Sambutan Bupati Sekadau yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, yang sekaligus membuka kegiatan, Hironimus mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai ajang silaturahmi dan pembinaan pemerintah kepada pengurus Ormas yang berada di wilayahnya masing-masing.

"Untuk itu saya berharap, dengan adanya kegiatan ini di Kabupaten Sekadau, kehidupan berdemokrasi harus tetap memperhatikan norma-norma atau kaidah yang ada, beretika dan santun, serta tetap berpegang teguh pada falsafah dan kepribadian bangsa, sehingga terciptalah suatu proses demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan dasar negara Pancasila dalam mewujudkan Kabupaten Sekadau yang Maju dan Bermartabat," harapnya.

"Saya juga meminta kepada pengurus Ormas agar dapat memanfaatkan momentum ini untuk dapat menambah wawasan bagaimana menjaga demokrasi di Indonesia dan juga upaya meningkatkan partisipasi pemilih khususnya di kabupaten Sekadau menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) di tahun 2024," pungkasnya.

Ada 4 narasumber dalam kegiatan ini yakni, Matius Jon Kadis Kominfo Kabupaten Sekadau, Ketua Bawaslu, Nur Soleh, Drianus Saban, Ketua KPU Kabupaten Sekadau, Moderator Hermanto dari Dinas Kesbangpol. 

Kegiatan ini dihadiri oleh para Ketua Ormas dan Lembah Masyarakat di Kabupaten Sekadau, Awak Media, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh Wanita dan Undangan lainnya. as/yati)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini