-->

Deklarasi ODF Desa Merapi

Editor: Novia Dominika
Sebarkan:

Kegiatan Deklarasi Open Defecation free (ODF)  Desa Merapi
Sekadau Kalbar, Suaraborneo.id - Bupati Sekadau, Aron membuka Deklarasi Open Defecation free (ODF)  Desa Merapi Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau tahun 2022.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sekadau, Aron mengatakan, Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) akan dapat terwujud, salah satunya melalui deklarasi ODF atau stop buang air besar sembarangan. 

"Dengan ODF ini dapat menurunkan kejadian penyakit-penyakit berbasis lingkungan diantaranya penyakit diare, thypoid, kecacingan dan lain-lain, penyakit-penyakit tersebut dapat menjadi penyebab timbulnya kondisi stunting pada bayi dan balita," kata Aron. Minggu (18/9/2022). 

Aron juga mengatakan, tujuan yang ingin dicapai dari STBM adalah terwujudnya kondisi sanitasi total  melalui pemberdayaan masyarakat, di mana seluruh komponen masyarakat mampu melaksanakan lima pilar STBM.

"Desa ODF merupakan cikal bakal terwujudnya Kabupaten sehat, Kabupaten sehat sendiri dimaknai sebagai suatu kondisi kesehatan yang bersih, nyaman dan aman untuk dihuni," ucapnya

"untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan dukungan dan partisipasi semua sektor mulai dari Pemerintah Pusat hingga daerah, dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat dan oleh masyarakat itu sendiri," pungkasnya. (Novi). 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini