Jokowi Akan Resmikan Pelabuhan Internasional Kijing

Sebarkan:

Presiden RI, Joko Widodo. (Foto:ist) 
PONTIANAK, Suaraborneo.id – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di agendakan akan berkunjung ke Kalimantan Barat, pada Selasa 9 Agustus 2022. 

Ada tiga agenda penting yang akan dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut di Kalbar, diantaranya mengunjungi pasar Flamboyan Pontianak, meresmikan gedung baru RSUD Soedarso dan peresmian Pelabuhan Internasional Kijing, di kabupaten Mempawah. 

Jokowi dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Supadio Pontianak pukul 07.00 Wib menggunakan pesawat kepresidenan. Selanjutnya, presiden akan menggunakan helikopter menuju Mempawah untuk meresmikan Pelabuhan Kijing. 

Penerangan Kodam XII/Tanjungpura sudah melakukan sejumlah persiapan, terutama berkaitan dengan teknis peliputan. Semua media dan jurnalis yang akan meliput akan mendapat ID Card khusus dari Kodam XII/Tanjungpura. 

“Untuk jurnalis yang meliput di ring 1 semuanya wajib PCR,” kata Mayor Mazhar, Sabtu (6/8/2022) sore. 

Sementara, Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, berharap, dengan beroperasinya Pelabuhan Kijing nantinya, Provinsi Kalbar mendapatkan manfaat, terlebih Kalbar merupakan daerah penghasil sawit terbesar nomor dua di Indonesia. 

“Untuk pelabuhan Internasional Kijing dapat di maksimalkan agar Kalbar sebagai penghasil sawit terbasar kedua di Indonesia bisa menerima manfaat dari kebaradaan pelabuhan ini," kata Lasarus saat kunjungan Komisi V DPR RI ke Kalbar, pada Selasa (12/07/2022) lalu. 

Kawasan Pelabuhan Internasional Kijing Memiliki luas 200 hektar dengan trestle sepanjang 3,45 km serta dirancang mampu melayani kapal kontainer dengan kapasitas di atas 10 ribu TEUs (twenty-foot equivalent unit) dengan ukuran container sebesar 20 feet. Sementara untuk 40 feet bisa melayani hingga 2 TEUs. (TN)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini