Nyaris Ricuh, Mahasiswa Kalbar Tolak RKUHP

Sebarkan:

Aksi damai gabungan Mahasiswa di Kota Pontianak ke Kantor DPRD Kalbar, Rabu (06/07/2022) siang.
PONTIANAK, Suaraborneo.id – Ratusan gabungan mahasiswa di Kota Pontianak, provinsi Kalimantan Barat menggelar aksi damai ke Kantor DPRD Kalbar, Rabu (06/07/2022) siang.

Aksi ini dalam rangka menolak rancangan kitab undang-undang hukum pidana (RKUHP). Aksi ini sempat ricuh antara mahasiswa dan pengendara motor, karena peserta aksi sempat menutup jalan Ahmad Yani Pontianak tepatnya depan kantor DPRD Kalbar.

Keadaan semakin memanas, saat salah satu pengendara menerobos kumpulan masa untuk bisa lewat. Namun suasana tersebut berhasil diredam oleh aparat yang melakukan pengamanan.

Adapun tuntutan yang disampaikan mahasiswa dalam aksi ini yaitu;

1. Menuntut DPRD provinsi Kalbar agar mendesak DPR RI untuk membuka draft RKUHP terbaru.

2. Mendesak DPR RI untuk merevisi pasal-pasal RKUHP draft 2019 yang bertentangan dengan kehendak masyarakat serta terbuka dalam proses penyelesaian.

3. Isu konflik agraria mendesak lembaga yang bersangkutan terkait penyelesaian konflik agraria sebagaimana pelaksanaan reforma agraria serta mewujudkan pengakuan dan pemulihan hak masyarakat adat berdasarkan UU No 5 Tahun 2960.

Usai menyampaikan isi tuntutan, masa membubarkan diri dengan tertib. Aksi ini juga mendapat pengamanan dari aparat kepolisian Polda Kalbar. (TN)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini