-->

Kabupaten Landak Mengikuti Pencanangan BIAN 2022

Editor: Antonius
Sebarkan:
Foto imunisasi secara simbolis pencanangan BIAN  2022

LANDAK , Suaraborneo.id - Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional ( BIAN ) 2022 kabupaten Landak, Campak-Rubela & imunisasi kejar di bulan Mei 2022, pada anak usia 9 bulan sampai kurang dari 12 tahun. 

Pencanangan BIAN dilaksanakan secara serentak dimulai pada tanggal 18 Mei 2022, sampai 18 Juni 2022.

Di kabupaten Landak kegiatan pembukaan dilaksanakan pada Rabu (18/5/2022) , di aula Maniamas Ngabang. 

Hadir dalam kegiatan ini, di hadiri Kapolsek Ngabang, perwakilan Armed 16 Ngabang, kepala Dinas, kepala Kantor, Direktur RSUD Landak serta undangan lainnya. 

Foto bersama setelah pembukaan pencanangan BIAN
Asisten III Administrasi umum  Theresia Limawardani, mewakili Bupati Landak  menyampaikan penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) diantara yaitu, Tuberkulosis, campak, Rubella, Hepatitis, pertusis, Difteri, polio, tetanus, neonatorum, meningitis, pneumonia, kanker leher rahim akibat infeksi human papilloma virus, japanese encephalitis, diare, infeksi rotavirus, dan sebagainya. 

" Penyakit-penyakit ini dapat mengakibatkan kesakitan kecacatan dan bahkan kematian terutama jika mengenai anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi rutin lengkap, " ungkap Theresia. 

Dijelaskannya seorang anak usia kurang dari 5 tahun dikatakan memiliki status imunisasi rutin lengkap apabila telah mendapatkan 1 dosis HBO, 1 dosis BCG, 4 dosis OPV, 4 dosis DPT-HB-HIB, 1 dosis IPY dan 2 dosis Campak & Rubella. 

" Adanya pendemi Covid-19 mengakibatkan pelaksanaan imunisasi tidak optimal. Data beberapa tahun terakhir menujukan terjadinya penurunan cakupan imunisasi rutin, baik imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan yang cukup signifikan, "jelas Theresia. 

Theresia berharap di kabupaten Landak dapat mencapai target yang harus dicapai minimal 95 persen dari sasaran usia 9 bulan sampai kurang dari 12 tahun. 

" untuk menyukseskan pelaksanaan bulan imunisasi anak nasional di masa pandemi Covid-19 ini perlu melibatkan berbagai pihak, "harap Theresia. 

Dalam kesempatan yang sama kepala dinas Kesehatan kabupaten Landak Subanri, menyampaikan adapun target BIAN 80 persen berdasarkan data Pusdatin sasaran kabupaten Landak usia 9 bulan sampai kurang dari 12 tahun adalah 86.233 jiwa. 

Pelaksanaan BIAN ditargetkan selama 30 hari, dimulai pada tanggal 18 Mei sampai 18 Juni 2022.

Pada hari ini, seluruh kecamatan melaksanakan KICK OFF imunisasi MR dengan sasaran anak SD. Di kabupaten Landak dilaksanakan di SD Maniamas Ngabang dengan sasaran 609 siswa. 

" Untuk menyukseskan pelaksanaan BIAN dimasa Covid-19 ini Dinas Kesehatan perlu adanya dukungan dari berbagai pihak " ungkap Subanri. (Anton)



Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini