-->

Desa Harus Dapat Berinovasi

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Harjono.
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Harjono menyarankan agar desa dapat berinovasi melalui lintas sektor yang ada.

Pasalnya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan, umumnya usulan yang disampaikan sebagian besar adalah terkait dengan infrastruktur.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur ini akan berdampak juga pada peningkatan ekonomi dari berbagai sektor, baik pendidikan, kesehatan, pertanian, industri, dan lainnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar desa dapat memanfaatkan potensi dari sektor-sektor yang ada dan bisa mengembangkannya untuk meningkatkan perekonomian yang ada di desa.

“Kita mendorong desa untuk berinovasi sebagaimana agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan,” ucap Dewan yang akrab disapa Bejang ini.

Politisi Golkar ini menilai, melalui dana desa setidaknya ada terobosan yang sudah dimulai oleh desa, baik itu terkait dengan industri, pertanian, dan pariwisata.

“Pemerintah juga melalui OPD terkait bisa memberikan support sehingga apa yang sudah dimulai desa juga bisa berkelanjutan dengan baik,” ujarnya

Politisi Dapil Kayan Hilir dan Kayan Hulu ini menyebut, banyak persoalan di desa yang saat ini memerlukan dukungan dari pemerintah daerah, di antaranya terkait dengan pertambangan tanpa izin.

“Akibat hal tersebut juga masyarakat mengalami kesulitan sehingga pihak desa harus melakukan terobosan yang diakomodasi dana desa dan sebagainya,” ujar Bejang.

Dengan adanya dukungan pemerintah dalam berbagai hal tersebut, harapannya setiap persoalan di desa dalam rangka meningkatkan perekonomian dapat diatasi dan terobosan-terobosan yang dilakukan dapat memberikan hasil yang baik dan berkelanjutan.

“Besar harapan kami, apa yang menjadi kepentingan semua masyarakat yang ada asas kebermanfaatannya untuk segera di realisasikan, tanpa harus menunggu dari waktu ke waktu, kasian juga masyarakat kita nantinya,” pungkasnya.**
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini