Profil Singkat Vinsensius, S.Sos.,MMA, Calon Sekda Provinsi Kalbar

Sebarkan:
VINSENSIUS.S.Sos.M.MA


LANDAK , suaraborneo.id - Vinsensius, S.Sos.,MMA dilahirkan di sebuah kampung kecil Jemongko, di Sanggau pada 22 Januari 1968.

Vinsensius saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Landak yang juga merupakan suami Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Landak dengan perolehan suara terbanyak Periode 2019-2024, Marsiana Ningsih.

Selama bertugas menjadi PNS, Vinsensius banyak menghabiskan waktunya untuk mengabdi di daerah pedalaman Kalimantan Barat. Dalam kurun waktu 1992 hingga 2006, ia habiskan untuk mengabdi di Kabupaten Kapuas Hulu, dan pada Tahun 2006 hingga sekarang bertugas di Kabupaten Landak.

Vinsensius pernah mengenyam pendidikan di APDN Pontianak jurusan pemerintahan, dan kemudian menyelesaikan S-1 Sosial di Universitas Brawijaya Malang.

Sementara gelar Strata 2 (S2) Agribisnis, Vinsensius mendapatkannya saat melanjutkan pendidikan ke Institut Pertanian Bogor.

Pada mula Kariernya, dimulai sebagai Kaur Pemerintahan di Kecamatan Embaloh Hulu Tahun 1993, hingga berangsur-angsur naik menjadi Sekcam Manday pada tahun 1998, Camat Manday pada tahun 2003, dan menjabat Kasubdin Perdagangan pada tahun 2004 di Kabupaten Kapuas Hulu. Karena prestasinya, ia beberapa kali mendapatkan kenaikan pangkat istimewa.

Kariernya semakin melejit saat bertugas di Kabupaten Landak dimana ia menjadi Kabid Perkebunan pada tahun 2006, Sekretaris Disbunhut pada tahun 2009, Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan pada tahun 2010, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah pada tahun 2012, Kepala Dinas Pertanian pada tahun 2015, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan pada tahun 2017, hingga dilantik oleh Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Landak pada tahun 2018.

Ia juga aktif dalam berbagai organisasi diantaranya Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Kabupaten Landak, Persatuan Menembak dan Berburu Republik Indonesia (PERBAKIN) Kabupaten Landak, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Kamuda 137, Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Landak, dan saat ini masih sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Landak, Ketua Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Landak, Ketua Forum CSR (Corporate Social Responsibility) Kabupaten Landak.

Beberapa diklat/kursus yang telah diikuti diantaranya Diklat Kepemimpinan Tk. II, di LAN Jakarta tahun 2013, Study Mission on Local Goverment Service Standards and Service Delivery To Nova Scotia Canada tahun 2013, dan Lulus Sertifikasi Kompetensi Pemerintahan yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri pada tahun 2018.

Berkat jasa dan darmabaktinya, ayah yang telah dikaruniai 3 orang anak yaitu Lisa Flavia, Beatric Fortunata dan Benedic Uriel Manzo ini telah mendapatkan beberapa tanda Jasa/penghargaan/kehormatan antara lain Satyalancana Karya Satya XX Tahun dari Presiden Republik Indonesia, Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa I dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, dan Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa II dari Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalbar.

Sebelumnya, sebanyak tujuh nama calon Sekda Provinsi Kalimantan Barat berhasil lolos seleksi administrasi.

Berdasarkan surat tanggal 30 Agustus 2021 yang beredar dari Timsel yang diketuai Prof. Dr. Kamarullah SH., M.Hum sebagian besar merupakan pejabat di lingkungan Pemprov Kalbar.

Adapun nama-nama calon Sekda Kalbar tersebut berdasarkan urutan abjad:

1. Alexander Rombonang, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Perbatasan Provinsi Kalbar;

2. Bintoro, saat ini menjabat Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak;

3. Florentinus Anum, saat ini menjabat Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar;

4. Harisson, saat ini menjabat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar;

5. Ignatius IK, saat ini menjabat Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar;

6. Syarif Kamaruzaman, saat ini menjabat Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalbar;

7. Vinsensius, saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Landak. (rl)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini