1 Tahun Usai Pandemi, Warga AS Kembali Bepergian untuk Liburan Hari Pahlawan

Sebarkan:

Antrean mobil mengular setelah menyeberangi perlintasan ke Miami Beach, Florida, menjelang libur panjang Hari Pahlawan, 28 Mei 2021. (Foto: AP

Dengan setengah populasi penduduk setidaknya terlindungi sebagian dari virus corona, warga Amerika muncul dari kelesuan pandemi selama tiga hari liburan akhir pekan yang secara tradisional untuk memenuhi keinginan bertamasya di ambang musim panas.

Setahun setelah perjalanan akhir pekan Memorial Day atau Hari Pahlawan tertekan oleh ketakutan akan penyebaran virus corona, kali ini warga AS kembali melakukan perjalanan darat dan udara.

Badan Keamanan Transportasi (Transportation Security Agency/TSA) mengatakan pos-pos pemeriksaan bandara AS memeriksa 7,1 juta orang dari Kamis (27/5) hingga Minggu (30/5). Jumat (28/5) adalah hari perjalanan tersibuk sejak Maret 2020. Pada akhir pekan Memorial Day 2020, COVID-19 memangkas tajam permintaan perjalanan udara. Ketika itu, TSA hanya memeriksa 1,96 juta penumpang pesawat udara.

Pekan lalu, Asosiasi Otomotif Amerika (American Automobile Association/AAA) memperkirakan perjalanan melonjak 60 persen untuk periode liburan Memorial Day. AAA Travel memperkirakan 37 juta orang melakukan perjalanan sejauh 80 kilometer atau lebih dari rumah.

United Airlines mengatakan, Senin (31/5), menjadi hari perjalanan tersibuk sejak Maret 2020. Untuk periode liburan lima hari, maskapai penerbangan itu diperkirakan menerbangkan 1,34 juta orang, lebih sedikit dari 2,3 juta pada periode yang sama pada 2019.

Perusahaan pelacakan pembelian bensin, GasBuddy, mengatakan permintaan bensin di Amerika pada hari Minggu melonjak 9,6 persen di atas rata-rata empat hari Minggu sebelumnya. Jumlah itu adalah permintaan tertinggi pada hari Minggu sejak musim panas 2019.

AAA mengatakan jumlah keseluruhan 2021, yang masih 13 persen di bawah jumlah pada 2019, termasuk 34,4 juta orang yang bepergian dengan mobil.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (Centers for Disease Control and Prevention/CDC), mengataka per Minggu (30/5), sebanyak 50,5 persen orang Amerika telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19.

Jumlah kasus baru virus corona rata-rata tujuh hari anjlok lebih dari 250.000 sehari pada awal Januari menjadi sekitar 18.900 pada Sabtu (29/5). CDC mengatakan jumlah itu adalah yang terendah sejak munculnya pandemi pada Maret 2020.

Menurut AAA, tujuan favorit selama liburan Memorial Day tahun ini adalah Las Vegas di Nevada, dan Orlando di Florida. [lt/ft]

Sumber : VOA

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini