Ketua Umum LPTQ Kalbar Harap MTQ Tingkat Provinsi di Sintang Berkualitas dan Bermartabat

Sebarkan:

Ketua Umum LPTQ Provinsi Kalbar, Andi Musa

SINTANG, suaraborneo.id - Ketua Umum LPTQ Provinsi Kalbar, Andi Musa menyampaikan paparannya terkait pelaksanaan MTQ ke-XXIX tingkat Provinsi Kalbar tahun 2021 di Kabupaten Sintang. Andi Musa menjelaskan dasar dari pelaksanaan MTQ ini ialah keputusan Gubernur no:294 tahun 2019 tentang pengurus LPTQ Provinsi Kalbar, keputusan gubernur no: 935/KESRA/202 tanggal 25 November 2020 tentang Kabupaten Sintang sebagai tempat penyelenggara MTQ XXIX tingkat Provinsi Kalbar tahun 2021, keputusan Gubernur no:173/KESRA/2021 tanggal 5 Februari 2021 tentang pembentukan panitia pelaksana MTQ XXIX tingkat Provinsi Kalbar tahun 2021 dan keputusan ketua umum LPTQ Provinsi Kalbar no:001/LPTQ-Kalbar/I/2021 tentang tim asistensi LPTQ Provinsi Kalbar dalam pelaksanaan MTQ XXIX tingkat Provinsi Kalbar tahun 2021.

Andi Musa mengharapkan pelaksanaan MTQ XXIX tingkat Provinsi Kalbar tahun 2021 di Kabupaten Sintang ini harus berkualitas dan bermartabat. Di jelaskannya, pelaksanaan MTQ yang berkualitas itu di pengaruhi beberapa faktor, seperti pengurus LPTQ Provinsi Kalbar, pengurus LPTQ kabupaten/kota se-kalbar, panitia pelaksana MTQ di Kabupaten Sintang, peserta MTQ nya, dewan hakim MTQ nya, sistem pelaksanaan MTQ nya, sarana dan prasarana MTQ nya dan dukungan anggaran pelaksanaan MTQ-nya. 

“Tolak ukurnya ialah, MTQ itu terlaksana dengan baik, aman dan lancar, pelaksanaan MTQ sesuai dengan buku panduan MTQ, di laksanakan sesuai jadwal MTQ-nya dan nanti suskses meraih prestasi pada MTQ nasional XXIX di Banjarmasin Kalsel 2022 mendatang”jelasnya 

Sementara untuk MTQ yang bermartabat itu lanjut dia, di landasi nilai seperti iman dan taqwa, kebenaran, kejujuran, keadilan dan kerja sama. Baik para peserta, panitia dan semua yang terlibat harus menerapkan nilai-nilai tersebut dalam pelaksanaanya. Jangan sampai ada kecurangan baik dari peserta, panitia, dewan hakim jangan sampai ada konflik kepentingan dan lainnya baik dari segi indentias peserta, penilaian dan lainnya. 

“Jika di temukan nantinya, maka kami akan mengambil resiko, itu sudah kami buktikan pada pelaksanaanya MTQ ke-28 di Sekadau tahun lalu, ada laporan yang mencoba menerobos sehingga kami telusuri dan mencari fakta bahwa memang benar ada terjadi pemalsuan data, sehingga kami diskualifikasikan pemenangnya terjadi dicabang fahmil putra, yang semula Sintang jadi nomor dua, akhirnya setelah juara satu kami diskualifikasi, Sintang jadi nomor satu. Sehingga tidak boleh ada kecurangan dalam MTQ ini nantinya”harap dia.

Selain itu, Andi Musa mengingatkan bahwa dalam pelaksaan MTQ di Sintang nantinya, dari segi pengelolan anggaranya harus di kelola dan di pertanggungjawabkan dengan baik, transparan dan  akuntabel. Karena jangan sampai nantinya ada pemeriksaan yang tidak bisa pertanggungjawabkan, sehingga pelaksanaan MTQ ini nantinya tidak bermartabat. “Wanti-wanti dari awal kami titip, bahwa penggunaan anggaran tolong di kelola dengan baik, sehingga kita bisa mempertanggungjawabkan anggaran yang diberikan oleh rakyat melalui APBD baik provinsi maupun kabupaten sintang”pesannya 

"Informasi sementara dari biro kesra provinsi kalbar, bahwa anggaran pelaksanaan MTQ provinsi di Sintang ini 5 Miliyar rupiah, mudah-mudahan tidak ada perubahan nantinya, atau nanti bisa bertambah” tambahnya lagi 

Andi Musa juga bersyukur, untuk sarana dan prasaran di Kabupaten Sintang cukup banyak pilihan tempat atau venue perlombaan, karena pihaknya juga sudah meninjau langsung lokasi-lokasi pelaksanaan lomba yang sudah di siapkan panitia di Kabupaten Sintang ini. “Kami sudah lihat, syukur alhamdulillah di Sintang ini banyak pilihan lokasi, jadi kita enak. Hanya tadi saya lihat ada masjid di turun jembatan kapuas ke arah keraton itu ada masjid cukup besar, itu bisa di gunakan juga, sehingga nanti masyarakat sekitar situ juga bisa turut menyaksikan perlombaan, gedung pancasila tidak di pakaipun tidak apa nanti”kata dia.

Andi juga berpesaan untuk publikasi guna mensosialisasikan pelaksanaan MTQ ke-XXIX tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Sintang ini sudah boleh dilakukan, agar masyarakat mengetahui bahwa tuan rumah pelaksanaanya adalah Kabupaten Sintang. “Mungkin sudah harus mulai di publikasikan di beberapa tempat, seperti memasang baliho, iklan-iklan lainnya, jadi biar masyarakat tahu bahwa sintang itu jadi tuan rumah”ujar Andi. (hms)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini