Mal Pelayanan Publik Sanggau Resmi Dilaunching

Editor: Redaksi

Launching MPP Sanggau 

SANGGAU, suaraborneo.id - Didampingi Bupati Sanggau, Paolus Hadi, Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar A.L Leysandri secara resmi melaunching operasional Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sanggau. Kamis, (10/12/2020).


Pusat pelayanan ini menjadi yang ketiga di Kalimantan Barat setelah Kota Pontianak dan Kota Singkawang.MPP ini mengakomodir berbagai urusan pelayanan publik. Memberikan beragam jenis pelayanan yang sederhana, singkat dan efektif sesuai keinginan pemerintah pusat. 


“MPP ini bentuk komitmen Pemkab Sanggau untuk memenuhi harapan Presiden. Kecepataan, kemudahan orang berurusan harus disiapkan dengan baik. Itulah salah satu kenapa Omnibus law diciptakan, karena memangkas birokrasi yang ada,” ujar Leysandri kepada awak media usai peresmian.


Kehadiran MPP, kata mantan Sekda Kabupaten Sanggau ini, selain memangkas birokrasi juga menekan biaya yang dikeluarkan masyarakat ketika berurusan. Masyarakat tidak perlu lagi pergi ke kantor satu ke kantor yang lain. 


“Sekarang kita merasakan, kalau urusan tidak banyak biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat. Karena apa yang masyarakat perlukan sudah tersedia di MPP ini. Urusan kesehatan, urusan bayar pajak bisa di sini. Ini sesuai dengan harapan bapak Presiden,” ucap Leysandri.


Sekda berharap, pelayanan di MPP Kabupaten Sanggau ini bisa lebih dimaksimalkan. “Urusan minimal paling lama satu hari. Pak Gubernur paling alergi misalnya kalau urusan sederhana bisa diperlambat sampai satu hari, beliau minta selesaikan satu jam,” imbuhnya.


Agar pelayanan semakin prima, Leysandri meminta agar kapasitas MBps di MPP diperkuat. “Internet, MPbs-nya harus diperkuat. Menggunakan fiber optic, biar cepat. Mudah-mudahan Sanggau bisa tampil beda, karena kemarin Sanggau dapat DID. Ini diapresiasi oleh pak Gubernur, Sanggau menjadi daerah ketiga yang memiliki MPP,” ucapnya.


Sementara itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi mengungkapkan rasa bahagianya Sanggau bisa memiliki MPP. “Bahagia karena akhirnya Sanggai bisa memiliki MPP. Kita bisa dilihat di sini ada 19 meja (unit kerja pelayanan), orang bisa berurusan dengan berbagai jenis urusan,” ucapnya.


MPP ini, lanjut PH sapaan akrabnya, akan memberikan kemudahan dan kecepatan bagi setiap masyarakat yang ingin berurusan. “Waktu bisa lebih cepat. Orang datang ke sini satu hari, bisa menyelesiakan urusannya di dua sampai tiga tempat dalam satu tempat. Sukseslah, terima kasih kepada seluruh perangkat daerah yang terlibat, termasuk instansi vertikal. Dan saya imbau kepada masyarakat, manfaatkan betul MPP ini. Datang langsung ke sini,” ujarnya.


Ditanya soal harapan masyarakat agar layanan di MPP ini juga buka pada hari Sabtu dan Minggu? Bupati Sanggau dua periode ini mengatakan, akan ditindaklanjuti. 


“Tapi saat ini masih mengikuti jam kerja. Tentu nanti akan ada pengembangan, ada tempat jualan juga untuk orang makan minum,” pungkas PH.

Share:
Komentar

Berita Terkini