Launching Bantuan Presiden Bagi UMKM Kabupaten Sintang

Editor: Redaksi

Penyerahan bantuan 


SINTANG, suaraborneo.id
- Bupati Sintang dr.Jarot Winarno menyerahkan langsung bantuan tunai launching bantuan presiden produktif bagi Usaha Mikro di Kabupaten Sintang Tahap pertama yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sintang yang di laksanakan di Pendopo Bupati pada jumat siang (17/9/2020) 


Bupati sintang mengatakan, kita tidak tahu kapan corona akan berakhir, jelas penomena ini seperti puncak gunung es, dalam menghadapi penomena seperti ini pastinya sanggat berpengaruh besar terhadap ekonomi di seluruh dunia.


"kalau ekonomi kita mau pulih dan bisa bangkit lagi tentu harus kita selesaikan dahulu corona, kita jaga kita tangulangi corona di kabupaten sintang khususnya,

pemerintah sudah berusaha maksimal namun jika warga masyarakat tidak ikut melawan virus corona ini ekonomi kita tidak akan bangkit,"kata Bupati. 


"Apa gunanya hanya pemerintah saja yang melawan corona kalau rakyat tidak, kita terus mengimbau beberapa hal saja, tingkat kan imunitas tubuh, jangan begadang, cukup istirahat dan mengkonsumsi vitamin,tentu harus mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Jika pemerintah sudah efektif mengelola ini dan rakyat disiplin menjaga diri sendiri maka barulah Sintang terjaga dari corona," jelasnya. 


"Mari kita produktif lagi, mari kita hidup lagi karena pada hari ini kita dibantu oleh negara yang hadir dalam mengatasi resesi ekonomi di seluruh indonesia, kita mendapatkan bantuan cuma-cuma untuk pelaku usaha mikro di kabupaten Sintang ini untuk menghidupkan ekonomi kita dalam Usaha Mikro dan menengah yang paling penting lagi tumbuhkan inovasi dan kreativitas dalam dunia usaha," beber Jarot. 


Kepala Dinas Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sintang, H.Sudirman dalam sambutannya mengatakan, untuk penetapan penerima manfaat bantuan presiden ini merupakan kewenangan kementerian koperasi dan udaha kecil yang berdasarkan data dari usulan lembaga pengusul dengan mengunakan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). 


untuk Kabupaten Sintang ini sebanyak 863 pelaku Usaha Mikro yang berhak mendapatkan bantuan presiden ini yang mana besarnya bantuan RP2,4 juta Rupiah total secara keseluruhan sebesar Rp2 Miliar lebih. 


Untuk pendataan bagi penerimaan manfaat bantuan Presiden pada tahap pertama ini sudah di lakukan dari bulan Agustus 2020 dari 14 kecamatan di kabupaten Sintang dan melalui 3 lembaga pengusul yakni Disperindagkop dan UKM 3.472 usaha mikro, BRI Kanca Sintang 275 usaha mikro, Koperasi: 83 usaha mikro total sebanyak 3.830 Usaha Mikro. (hms) 

Share:
Komentar

Berita Terkini