Tinjau Lokasi Pasca Puting Beliung, Rupinus: Bantuan Disalurkan Melalui BPBD

Editor: Redaksi
Tinjau lokasi pasca angin puting beliung 
SEKADAU, suaraborneo.id - Bupati dan Wakil Bupati Sekadau, meninjau lokasi bencana puting beliung di Kampung Tebal, desa Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir, Minggu (23/8/2020) pagi.

Musibah puting beliung yang terjadi pada Sabtu (22/8/2020) malam, memporak-porandakan rumah warga di Kampung Tebal desa Sungai Ringin. Sedikitnya 10 rumah warga di Kampung Tebal mengalami kerusakan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sekadau, Rupinus menyampaikan turut prihatin pasca bancana alam ini. 

“Kami beserta dinas BPBP, Kapolres dan pak Wakil Bupati (Aloysius) meninjau untuk melihat dan mendata kerusakan yang dialami dan kita minta dinas terkait supaya secepat nya mendata semua kerugian dan kerusakan dan memberi bantuan,” ungkapnya.

"Setelah semua terdata, bantuan akan disalurkan melalui dinas BPBD, bantuan berupa perabot rumah tangga, seng dan material lainnya," tambah Rupinus. 

Terkain Hujan es, Rupinus mengatakan ini adalah fenomena alam yang langka. 

"Saya kebetulan tidak berada di Sekadau, dan saya menerima postingan foto dan video, mudah mudahan ini benar dan ini merupakan fenomena alam yang langka karena Sekadau baru satu kali ini mengalami hujan es," jelas Rupinus. 

"Saya menghimbau kepada masyarakat, untuk berhati hati dan tetap waspada karena bencana alam ini bisa terjadi kapan saja, karena iklim tidak bisa kita prediksi," tambah orang nomor satu di Sekadau tersebut. 

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD kabuaten Sekadau, Matius Jon, mengatakan ada 10 unit rumah yang terdampak hebat. 

"Yang terdampak hebat ada 10 rumah yang sekarang terdata, tetapi kita belum lihat ke belakang, ternyata ada sekitar 20 rumah atau lebih yang mengalami kerusakan. Kerusakan paling berat pada umumnya adalah atap, dan ada 1 rumah yang tertimpa pohon tumbang," jelas Matius Jon. 

'Selain Kampung Tebal, informasi yang kami Terima di desa Tanjung juga terkena musibah. Ada beberapa rumah yang rusak, bahkan ada 2 rumah yang betul betul rusak total pasca angin puting beliung semalam. Dan petugas kita sudah mendata disana, kita akan tinjau langsung kesana guna mendata, mengkaji dan menghitung total kerugian," tambah Matius Jon. 

Dalam bencana alam puting beliung tersebut tidak terdapat korban luka. Sampai berita ini di turunkan arus listrik PLN belum teraliri, karena petugas PLN masih memperbaiki jaringan PLN pasca puting beliung. (Sur)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini