Bupati-Wakil Sekadau Menutup Acara Musdat Sub Suku Kancikgh

Editor: Redaksi

Penutupan acafa Musdat 
SEKADAU, suaraborneo.id - Bupati Sekadau, Rupinus didampingi Wakil Bupati Sekadau Aloysius, menutup acara Musyawarah Adat sub suku Dayak Kancikgh I di Dusun Sarik Desa Nanga Mongko Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau. Kegiatan bertempat di Rumah Dusun Sarik, Minggu (9/8). 


Kedatangan rombongan Bupati-Wakil Bupati Sekadau disambut antusias oleh warga Dusun Sarik dengan tarian adat setempat. Bupati juga di daulatkan memancung buluh muda dan injak telur. 


Turut mendampingi Bupati-Wakil Bupati Sekadau yakni, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Fraksi Partai Hanura Paulus Subarno dan Abun Tono, Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau, Camat Nanga Taman, Ketua Relawan Kamang dan undangan lainnya.

 

Ketua adat, sub suku Dayak Kancikgh, Petrus Langet yang juga Kadus Sarik mengatakan, ini merupakan Musdat pertama. Langet menjelaskan, sub suku Dayak Kancikgh terdiri dari 4 kampung dan 3 desa dengan jumlah penduduk 2.502 orang. 


"Kami juga punya potensi alam seperti potensi air terjun yang bisa untuk pembangkit tenaga listril. Semoga bisa di akomodir oleh pemerintah daerah kedepan," harapnya. 


"Kami juga berharap pemerintah daerah membimbing dan mendukung program-program kami kedepan," tambah Langet.


Bupati Sekadau, Rupinus yang sekaligus menutup kegiatan Musdat, tersebut mengungkapkan terimakasih telah mengundang pihak pemerintah daerah. 


"Saya mengapresiasi kegiatan Musdat ini," ungkap orang nomor satu di Sekadau ini. 


Bupati Rupinus menyebut, bahwa sub suku Kancikgh termasuk Rumpun Bidayuh. 

Bupati juga berpesan supaya sub suku Kancikgh mempertahankan adat istiadatnya dari berbagai macam adat istiadat. 


"Saya menghargai Musdat ini. Tolong di bukukan, wariskan kepada anak cucu kita," pesan Bupati Rupinus. 


Selanjutnya, Wakil Bupati Sekadau, Aloysius mengucapkan selamat atas Musdat sub suku Kancikgh yang pertama. 


"Segera daftarkan ke Kesbangpol supaya masyarakat lebih mengenal sub suku ini," pesan orang nomor dua di Kabupaten Sekadau ini


Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Hanura, Paulus Subarno juga mengucapkan terimakasih atas undangan kepada pihaknya. 


"Saya sebagai anggota DPRD Sekadau mengapresiasi kegiatan Musdat ini," ungkap Subarno singkat. 


Di penghujung acara, Bupati Sekadau, Rupinus menutup kegiatan Musdat sub suku Kancikgh ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 7 kali. (red) 


Editor: Asmuni 

Share:
Komentar

Berita Terkini