Pemkab Ketapang Salurkan Bantuan Beras Kepada Masyarakat

Editor: Redaksi
KETAPANG -,suaraborneo.id Kepedulian terhadap para terdampak pandemi virus corona (Covid-19) secara ekonomi terus mendapat perhatian dari berbagai pihak. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bantuan yang mengalir baik secara langsung maupun lewat instansi. 

Seperti yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang dalam hal ini Bupati Ketapang dan Dinas Sosial PPPA dan KB sebagai perpanjangan tangannya, bersama Bulog Ketapang sebagai pelaksana pendistribusian tersebut. 

Pemprov memberikan bantuan beras sebanyak 849,840 ton, besar jumlah bantuan beras per-Kecamatan sebanyak 20 Kilogram per KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang diberikan dalam dua tahap, tahap pertama 10 Kilogram dan selanjut 10 Kilogram lagi.

Pelaksanaan pemberian bantuan beras ini berdasarkan data DTKS SIKS-NG (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation), sesuai dengan jumlah yang terdata di 253 Desa 9 Kelurahan dan 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ketapang. 

Sedangkan data yang ada adalah 42.482 KPM/KK Pra Sejahtera/ keluarga miskin dengan jumlah 146.770 jiwa. Data DTKS SIKS-NG ini diambil bagi Desa yang sudah melakukan input data SIKS-NG melalui operator Desa/ Kelurahan, tentunya data tersebut akan langsung masuk ke Kemensos, dan agar secara pereodik di update datanya setiap 6 bulan. 

Bagi desa / Kelurahan yang belum meng- update data sesuai aplikasinya, maka Dinsos PPPA & KB Akan mengambil data statistik tahun 2015, kalau tidak demikian maka tidak akan terpenuhi data bagi desa yang belum menyampaikan DTKS SIKS-NG tersebut.

Kepala Dinas Sosial PPPA dan KB Kabupaten Ketapang, Akia, SE mengatakan, bahwa bagi Desa/ Kelurahan yang belum meng-input data masyarakatnya yang Pra Sejahtera agar segera melakukan penginputan sesuai dengan nama, alamat yang tertera di KTP, karna semua bantuan kedepannya akan berdasarkan data tersebut, Minggu (12/04/2020).

"Pendistribusian beras Covid-19 dimulai tanggal 1 April 2020, hari pertama kita lounching di 3 Kecamatan yaitu Benua Kayong, Delta Pawan dan Muara Pawan, dan ini berlanjut sampai diperkirakan tangal 15 April dan jika belum selesai tetap kita distribusikan secara berkala, karena banyak kendala seperti berkenaan hari libur paskah dan yang lainnya,” jelas Akia. (Humas/TS)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini