Dinkes Sekadau Sediakan Screnning Kesehatan Untuk Tamu Pimpinan

Editor: Redaksi
SEKADAU, suaraborneo.id - Kamis siang tanggal 16 April 2020 atau sekitar pukul 12.00 Wib, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Sekadau, Hendri Alpius, S.Kep menyerahkan alat secrenning Kesehatan yang akan digunakan untuk mengecek suhu badan dan riwayat perjalanan serta riwayat kesehatan bagi tamu ataupunn masyarakat yang ingin melakukan urusan dinas atau ingin menghadap Bupati dan Wakil Bupati Sekadau. Alat Screnning Kesehatan itu diterima oleh Ajudan Bupati, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan dan Bagian Tata Usaha Wakil Bupati Sekadau. 

Plt. Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau Henry Alpius, S.Kep menuturkan, alat screnning kesehatan yang diserahkan ini dalam upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah kabupaten Sekadau umumnya dan secara khusus untuk memberikan rasa aman bagi pimpinan. 

Menurut mantan Direktur RSUD Kabupaten Sekadau ini, apa yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau sudah sesuai dengan imbuan pemerintah bahwa pentingnya memberikan rasa aman terhadap pejabat publik agar tetap bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat namun dengan catatan harus memperhatikan protokol pencegahan penularan virus Covid-19. 

“Maka Dinas Kesehatan PP dan KB menerapkan protokol kesehatan ini bagi tamu atau masyarakat yang ingin menghadap bupati atau urusan dinas dengan bupati. Semua yang menghadap bupati dan wakil bupati harus dilakukan screnning kesehatan terlebih dahulu. Setelah kita lakukan screnning kita lihat hasilnya, suhu 36,8 kategori norma, suhu 37,6 sudah kategori deman dan tidak dianjurkan ketemu dengan pimpinan, apalagi kalau suhu 38,6 kategori demam tinggi dan sangat tidak direkomendasi untuk menghadap pimpinan,” tegasnya. 

Didisamping itu lanjut Hendri tamu yang menghadap pimpinan harus menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun serta menerapkan sosial distancing dan physik distancing. “Hal ini tetap harus diperhatikan apabila ada urusan dengan pimpinan,” ujarnya. 

Tak lama setelah alat ini diterima oleh Ajudan, langsung digunakan oleh bagian protokol dan komunikasi pimpinan  sekretariat daerah kabupaten Sekadau mensecrenning para kepala satuan Kerja Perangkat Daerah termasuk Bupati Sekadau pada saat sebelum rapat melalui vicon BPK RI Perwakilan Kalimantan Barat dengan para bupati se-kalbar di ruang rapat Bupati Sekadau. 

“Hari ini juga alat screnning kesehatan ini langsung oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda untuk mengecek suhu kepala SKPD termasuk saya dan Pak Bupati. Hasil screnningnya semua normal sehingga bisa melakukan rapat vicon dengan BPK RI Perwakilan Kalbar,” Henry Alpius. (*)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini