Imlek 2571 dan Cap Go Meh 2020 Kecamatan Sepauk

Editor: Redaksi
Perayaan malam tahun baru Imlek 2571 di kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang 
SINTANG, suaraborneo.id - Bupati Sintang, di wakili oleh Kepala Badan Perbatasan Andon hadir pada perayaan tahun Baru Imlek yang ke - 2571 oleh Yayasan Gotong Royong kecamatan Sepauk,dengan Tema "Keberagaman Mempersatukan" yang di laksanakan di lapangan basket Sepauk, Desa Tanjung Ria Kecamatan Sepauk pada jum'at malam (24/1/2020). 

Antusias warga Tionghoa kecamatan sepauk menyambut kedatangan tamu Undagan di suguhi dengan tarian barogsai serta pengalungan bunga serta di iringi riuh tepuk tangan atas kedatangan pejabat yang mewakili Bupati Sintang dan Kapolres Sintang, AKBP Adhe Hariyadi, S.I.K.

Kepala Badan Perbatasan Andon mambacakan sambutan Bupati Sintang mengatakan, moment perayaan tahun baru Imlek bukan hanya milik warga Tionghoa saja, namun telah menjadi milik seluruh masyarakat di Indonesia. 

"Ini menunjukan bangsa kita benar - benar menjunjung tingi nilai-nilai kebersamaan dan keberagaman juga meneguhkan semangat Bhineka Tungal Ika juga memberi ruang bagi Etnis Tionghoa," ujarnya. 

Ia menyebut, keberadaan masyarakat Tionghoa di Sintang dapat hidup berdampingan dengan suku etnis lainnya, mengambarkan rasa kebersamaan dan keberagaman yang kokoh dengan saling menghormati dan mampu menerima perbedaan yang ada sesuai dengan tema perayaan imlek yang di usung pada tahun ini.

Andon juga mengajak seluruh warga Tionghoa  untuk dapat berperan aktif dalam keberhasilan program pemerintah melalui berbagai aktifitas guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah Kabupaten Sintang guna menjadikan salah satu Kabupaten terbaik yang ada di indonesia.

"Saya dan atas nama Buapati Sintang serta pemerintah Kabupaten Sintang sangat mengapresiasi kegiatan ini yang mengangkat kebhinekaan yang dapat mempererat hubungan kerukunan antar umat beragama khususnya di Kabupaten Sintang ini," ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Sintang, AKBP Adhe Hariyadi mengatakan dan berpesan kepada seluruh warga Sepauk bahwa inilah wujud nyata menjaga keberagaman dan kebersamaan saling toleransi hormat menghormati sesama suku dan etnis yang ada di Kabupaten Sintang. 

"Khususnya di kecamatan sepauk 
sebab, Sintang ini beragam suku dan etnis. Dengan momentum Imlek ini mari kita menjaga kerukunan umat, kita jaga konplik sosial, kita jaga ketertiban umum, kita jaga lingkungan kita sehingga tercapailah kedamaian yang bisa mempererat persatuan kita dalam membangun daerah kita," pesannya. 

Camat Sepauk, Ching Han juga meyampikan bahwa dirinya selaku camat Kecamatan Sepauk merasa banga akan keberadaan etnis Tioghoa, karena perayaan Imlek seperti ini setiap tahun di gelar menunjukan bahwa keberadaan etnis Tionghoa diterima di tengah-tengah masyarakat sepauk yang mayoritas muslim dan dayak.

"Dengan moment imlek ini, mari kita sebagai warga Sepauk merepleksi diri dengan harapan - harapan baru untuk mencapai keberhasilan baru untuk membangun kecamatan sepauk ini lebih maju," ajaknya. 

Hadir pada acara tersebut Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi, S.IK,beserta jajaran, Forkopimcam Sepauk, serta tamu undagan lain. (hms) 
Share:
Komentar

Berita Terkini