Kunjungan Kapolda Kalbar dan Pangdam XII/Tpr ke Sekadau

Editor: Redaksi
FOTO: as
SEKADAU, suaraborneo.id - Kunjungan Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) ke Kabupaten Sekadau dalam rangka program desa Mandiri, Jelang Pilkada serentak Kabupaten Sekadau 2020 dan kesiapan pengamanan menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 serta arahan Gubernur Kalbar, Kapolda Kalbar, Pangdam XII/Tpr, Danlanud Supadio dan Danlantamal XII/Pontianak kepada unsur 3 (tiga) pilar yakni Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat.

Setibanya di Halaman Kantor Bupati Sekadau, Senin (23/12) Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono dan Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad
beserta rombongan lakukan pemeriksaan Sarpras TNI-Polri untuk kesiapan pengamanan Pilkada serentak Kabupaten Sekadau tahun 2020. Selanjutnya acara dilanjutkan di Aula lantai 2 Kantor Bupati Sekadau.

"Tadi sudah melakukan pengecekan, baik personil maupun peralatan Alutsista dalam rangka untuk mendukung, melancarkan, mengiringi Natal dan Tahun Baru agar teman-teman kita yang melaksanakan Natal merasa aman dan terutama kepada 3 Pilar untuk bisa bersama-sama menjaga Natal dan Tahun Baru agar aman dan juga untuk persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020," kata Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono.

Kapolda Kalbar menyebut, baru saja kabupaten Sekadau merayakan HUT ke-16 Tahun. Kapolda meminta harus tetap bersinergi dan berkolaborasi dalam program pembangunan di Kalbar khususnya di Sekadau. Pada Pilkada 2018 sambungnya, Kalbar termasuk Wilayah rawan 2. Ada 11 variabel dalam prediksi, namun pada saat pelaksanaannya berjalan aman. Itulah salah satu pertimbangan Kalbar mampu sehingga Presiden menganugerahkan Bintang Bhayangkara Pratama kepada Kapolda Kalbar, yang mana itu merupakan anugerah untuk masyarakat Kalbar dan atas kerjasama seluruh Stakeholder, Tokoh-tokoh, dan masyarakat di Kalbar dan juga Sekadau.

"Kami TNI-Polri tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan dari masyarakat. Inilah namanya simbiosis mutualisme," ungkapnya.

Kapolda Kalbar juga menyebut, desa Mandiri yang merupakan Program Gubernur Kalbar, bahwa tahun 2019 di Kalbar ada 87 Desa Mandiri, penambahan 4 Desa Mandiri.
Desa Mandiri ada 52 indikator, terdiri dari 3 indeks ketahanan yaitu, ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan lingkungan.

"Semuanya dapat berjalan jika ada komitmen kita semua. Teman-teman Kepala Desa yang sudah mandiri jangan takut, karena anggaran akan meningkat selama memiliki terobosan dan kreasi," pesannya.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono juga mengatakan, di Kalbar ada beberapa bencana yang setiap tahunnya terjadi. Untuk saat ini banjir, karena curah hujan yang tinggi. Ada 4 bencana yang selalu ada di Kalbar yaitu, banjir, longsor, Karhutla dan angin puting beliung. Sedangkan, Karhutla menurut hasil survei 99, 99 persen Karhutla yang terjadi akibat perbuatan manusia.

"Banyak daerah kita yang berpotensi bencana, perlu kita pantau dan deteksi dini," ujar Kapolda.

Sinergitas TNI-Polri dan kerjasama yang baik selama ini tolong dijaga dan dipertahankan sehingga dimanapun bertugas berjalan dengan baik.

"Salam hormat kami dari Provinsi, yang dalam penyambutannya penuh dengan kekeluargaan," tutup Irjen Pol Didi Haryono.

Selanjutnya, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad diawal sambutannya mengucapkan terimakasih karena kedatangannya dan rombongan Forkopimda dari Provinsi Kalbar ke kabupaten Sekadau telah disambut dengan baik.

"Kedepan, kita akan focus kepada desa Mandiri. Sinergitas tokoh-tokoh yang ada di daerah harus bisa diwujudkan dalam menghadapi permasalahan," ujar Pangdam XII/Tpr.

"Terkait menghadapi bencana alam dan  Pilkada, untuk bisa aman, kita harus mencegah, setiap saat harus siap bergerak.
Sekecil apapun permasalahan segera di atasi," pesannya.

Pangdam XII/Tpr juga berpesan, semua aparat negara harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kemudian etos  kerja, selalu melayani masyarakat dengan baik.

Di akhir sambutannya, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengucapkan selamat merayakan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Sekadau Rupinus, Wakil Bupati Sekadau Aloysius, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) Kalbar H. Adi Yani, Dandim 1204/SGU Letkol Inf Gede Setiawan, Kapolres Sekadau AKBP Marupa Sagala, S.Ik, Kepala Kejaksaan Negeri Sekadau Andri Irawan, Pabung Kodim 1204/SGU Mayor Arh M. Agus Setiawan, Wakapolres Sekadau Kompol Florentus Situngkir, Para Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau, Anggota TNI-POLRI, Tokoh masyarakat, Tokoh adat, Tokoh agama dan Undangan.

Di akhir acara, Bupati Sekadau, Rupinus menyerahkan Cinderamata kepada Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono dak kepada Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Penulis: Tim liputan
Editor: Asmuni
Share:
Komentar

Berita Terkini