8 Cakades Hilir Kantor Akan Diseleksi

Editor: Redaksi
2 Cakades Hilir Kantor foto bersama PPKD pada hari terakhir pendaftaran
LANDAK, suaraborneo.id - Panitia pemilihan kepala desa (PPKD) Hilir Kantor kecamatan Ngabang kabupaten Landak menerima delapan calon Kades dan menutup penerimaan pendaftaran pada hari terakhir, Minggu (29/9).

Hari sebelumnya sudah menerima lima calon yang mendaftar, kemudian pada hari terakhir menerima tiga calon yang mendaftar hampir bersamaan.

Ketua PPKD desa Hilir Kantor, Asoyadi,  menyebutkan dari delapan calon kades tersebut, yang pertama mendaftar Yohanes, Petrus, Mohammad Taupik Hidayat, Hasanuddin alias Bole dan Hermanto.

Kemudian pada hari terakhir Minggu (29/9) yang mendaftar yaitu H.Syarif Fadillah, Leo Komang dan Rudis.

Karena ada delapan calon maka PPKD desa menyerahkan kepada PPKD kabupaten diadakan penelitian khusus (litsus) mereka diseleksi karena yang mengikuti pemilihan kepala desa maksimal lima calon dan minimal dua calon.

"Hasil dari seleksi  lima orang itu nanti diserahkan kepada PPKD desa Hilir Kantor untuk mengikuti Pilkades," jelas Asoyadi.

Sementara Leo Komang, warga dusun Maniamas desa Hilir Kantor kecamatan Ngabang mendaftar calon kepala desa (Cakades) Hilir Kantor pada hari terakhir, di sekretariat PPKD, Minggu (29/9) datang sendiri tidak membawa tim atau pendukung.

"Hari ini saya mendaftar sendiri belum membawa pendamping atau tim. Karena kalau sudah diterima berkasnya dan sudah di tetapkan oleh PPKD baru kita membentuk tim," ujar Komang panggilan akrabnya.

Menurut Komang, mendaftar dengan sederhana saja dulu, setelah ditentukan dan ada nomor urutnya baru semua tim boleh bekerja.

"Harapan kita kepada masyarakat yang menentukan, menang atau kalah yang penting maju mendaftar sebagai calon Kades," ucap Komang.

Dijelaskannya, maju sebagai calon Kades ini susah mempunyai visi dan misi untuk membangun desa. Menjadikan Desa Hilir Kantor sebagai Desa yang Mandiri. 
Meningkatkan SDM masyarakat yang unggul di Desa Hilir Kanto melalui pembangunan lembaga pendidikan. 

Mewujudkan Desa Hilir Kantor yang berpegang teguh pada Norma, Aturan dan Ketentuan-ketentuan yang berlaku. Mewujudkan Pemerintahan Desa Hilir Kantor yang jujur dan berwibawa dengan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. 

Selain itu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Hilir Kantor dengan mewujudkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan program lain untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat desa, serta meningkatkan produksi rumah tangga kecil. 

Kemudian lanjut Komang, meningkatkan kehidupan yang harmonis, toleran, saling menghormati dalam kehidupan berbudaya 
dan beragama di Desa Hilir Kantor.

"Yang utama mengedepankan kejujuran, keadilan, transparansi dalam kehidupan sehari hari baik dalam pemerintahan maupun dengan masyarakat desa," jelas Komang.

Penulis: AP
Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini