-->

Polda Kalbar Buru Pelaku Perorangan Hingga Korporasi

Editor: Redaksi
Sebarkan:
PONTIANAK, suaraborneo.id – Dalam menindak tegas para oknum pembakaran hutan dan lahan, Polda Kalbar tidak ada kompromi. Bahkan setiap lahan yang terbakar langsung menjadi TKP untuk masuk dalam tahap penyelidikan untuk mencari para pelakunya. Kepala Biro Operasional Polda Kalbar, Kombes Pol Jayadi menyatakan bahwa jajaran Polda Kalbar terus memburu baik pelaku perorangan atau bahkan korporasi.

“Dalam 2 hari ada peningkatan pengungkapan kasus Karhutla. Sekarang ada 11 kasus yang diproses. Semua lahan yang terbakar pasti dilakukan olah TKP dan penyelidikan. TKP lahan ini tidak dapat disembunyikan. Petugas pasti menelusuri siapa pemilik lahan dan semua yang terkait,” bebernya. 

Ada pengungkapan 6 kasus terbaru selang 2 hari ini yaitu Direktorat Reskrimsus 1 kasus, Polres Mempawah, Polres Bengkayang, Polres Sambas, Polres Sintang dan Polresta Pontianak yang masing masing 1 kasus.

Kombes Pol Jayadi juga mengungkapan bahwa, jajarannya terus dan hampir tiada henti melakukan langkah langkah untuk menangani kebakaran hutan dan lahan ini.

“Kita sudah lakukan beberapa upaya dari Satgas Gabungan TNI, Polri dan BPBD dimana Satgas ini fokus terhadap 100 desa yang sudah dipetakan rawan Karhutla. Kemudian dari Polda Kalbar sendiri ada Operasi Bina Karuna yang meliputi seluruh wilayah kabupaten dan kota di Kalbar. Dan terakhir Satgas Patroli bersama Manggala Agni,” jelas Karo Ops Polda Kalbar. 

Kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab semua pihak. Untuk itu Polda Kalbar mengimbau dan mengharapkan peran masyarakat agar saling mengingatkan dan peka terhadap lingkungan sekitar. Karena jika sudah ditangani oleh petugas Kepolisian pasti akan dilakukan langkah penegakan hukum.

Sumber: Humas Polda Kalbar
Editor: Asmuni 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini