BKSN Tahun 2023 di Sekadau Resmi Dibuka dan Berlangsung Meriah

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Bukaan BKSN Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau dan pelepasan peserta pawai serta penyerahan Kitab Suci kepada Ketua Panitia. 
Sekadau Kalbar, SB - Bupati Sekadau, Aron, membuka kegiatan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) tahun 2023 Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau Keuskupan Sanggau di Rumah Betang Youth Center Sekadau, Rabu (27/9/2023). 

Ketua Panitia BKSN Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau, Abun Tono mengatakan tujuan dilaksanakannya Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) adalah untuk membangkitkan semangat membaca dan memahami Alkitab, memperkuat iman, memperdalam ajaran dan membangun komunitas iman yang lebih kuat.

Abun Tono mengatakan, tema BKSN tahun 2023 di adalah Allah Sumber Kasih dan Keselamatan" dan Sub tema, Engkau lah Allah yang Pengasih dan Penyayang yang Panjang Sabar yang Berlimpah Kasih Setia-Nya".

"Para peserta BKSN Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau adalah seluruh Umat Katolik yang terdiri dari beberapa kategori mulai dari umum, pelajar yang mewakili Kring dan sekolah dilingkungan Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau," jelasnya

"Bulan Kitab Suci Nasional Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau dilaksanakan mulai tanggal 27-30 September 2023," tambah Abun Tono yang Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Abun Tono menyampaikan beberapa rangkaian kegiatan dalam BKSN Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau antara lain, Misa Pembukaan, Pawai Carnaval, Lomba Baca Kitab Suci, Lomba Cerdas Cermat, Lomba Mazmur, Lomba Kuis Kitab Suci, Pertandingan Voli Putra dan Putri dan Acara Penutupan.

Sumber eana untuk kegiatan BKSN Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau tahun 2023 bersumber dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau dan para donatur.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau ataa kepercayaannya kepada kami melaksanakan Bulan Kitab Suci Nasional tahun ini. Dan terimakasih juga atas dukungan dana yang diberikan oleh pemerintah daerah Kabupaten Sekadau, kepada Pak Bupati, lembaga keuangan dan CU," ucapnya.

"Terimakasih juga kepada segenap panitia, para ketua Kring, Sekolah-sekolah dalam kota Sekadau, umat katolik dan masyarakat Kabupaten Sekadau yang telah berpartisipasi aktif ambil bagian selamat berlangsung BKSN ini," ungkap Abun Tono. 

Sementara, Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau, Pastor Martinus, CP mengarang, kegiatan BKSN 2023 ini akan dimeriahkan dengan pawai yang nanti akan mulai dari Rumah Betang Youth Center dengan rute yang yang sudah ditentukan oleh panitia. 

"Tujuan dari kegiatan bulan kitab suci nasional ini pertama adalah agar umat Kristiani semakin mengenal dan mencintai kitab suci dan bisa mengumatkan kitab suci, yang kedua agar Iman umat bertumbuh kokoh dan menghasilkan buah yakni kasih sukacita damai sejahtera juga tidak mudah goyah dan terpengaruh oleh tawaran-tawaran yang menggiurkan yang bisa mengancam atau menggoyangkan kehidupan iman dan yang ketiga perayaan atau peringatan bulan kita suci nasional ini untuk membiasakan umat Kristiani agar rajin membuka membaca dan merenungkan Firman Tuhan atau kitab suci. 

"Saya berterima kasih kepada kepala pemerintah kabupaten Sekadau dalam hal ini Bapak Bupati dan seluruh anggotanya di mana telah memberikan bantuan untuk melaksanakan kegiatan ini. Terimakasih kepada seluruh donatur yang telah berpartisipasi dalam kegiatan BKSN tahun ini," 

"Saya juga mengajak kepada kita semua untuk menjadikan momen ini menjadi ajang bagi kita untuk merapatkan barisan menjadi Laskar Kristus menebarkan kasih damai dan sukacita," tutup Pastor Martinus, CP. 

Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr. Palentinus   menyampaikan bahwa Kitab suci yang dibaca dalam kehidupan rumah tangga harus masuk di dalam hati. 

"Menjiwai kehidupan kita, keluarga-keluarga kita, aktivitas-aktivitas kita sehingga rumah itu menjadi rumah yang nyaman dihuni oleh seluruh anggota keluarga," pesannya. 

"Kalau keluarga itu baik keluarga itu damai masyarakat pun akan baik masyarakat akan damai. Sebagai orang Katolik sumber ajaran kita pertama-tama adalah kitab suci. 

Pesan saya agar selama pawai berlangsung  tolong menjaga keselamatan. Ini pesta Iman jangan sampai kegiatan ini merugikan diri sendiri merugikan sesama," pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pawai Carnaval yang dilepas oleh Bupati Sekadau, Aron dan penyerahan Kitab Suci dari Mgr. Valentinus Saeng kepada Ketua Panitia BKSN, Abun Tono. 

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Sekadau, Aron, Anggota Komisi X DPR RI, Adrianus Asia Sidot, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau, dari Fraksi Hanura, Paulus Subarno dan Abun Tono, Sekda Kabupaten Sekadau, Mohammad Isa, Forkopimda, beberapa Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau, Ketua TP-PKK Kabupaten Sekadau, Ny. Magdalena Susilawati Aron, Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau, para Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau, para Suster, Bruder, Frater, tokoh agama, tokoh masyarakat dan Undangan lainnya. (red) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini