Kelompok Redkar Macah Bara Latihan Bersama Memadamkan Api

Editor: Antonius
Sebarkan:

Kelompok Redkar Macah Bara Sidas latihan bersama (foto Antonius)
LANDAK, suaraborneo.id - Kelompok Relawan Pemadam kebakaran (Redkar) Macah Bara Desa Sidas kecamatan Sengah Temila kabupaten Landak, setelah dibentuk langsung melakukan simulasi latihan bersama memadamkan api di lapangan, Jumat (07/07/2023).

Kelompok Redkar Macah Bara latihan bersama, dengan Redkar Sappakad 137 Pahauman, dan Redkar 004 Senakin dan disaksikan oleh forkompincam dan perangkat Desa Sidas kecamatan Sengah Temila.

Latihan pertama ini untuk mengenal fungsi mesin dan cara memadamkan api. Api yang dipadamkan yaitu api yang menyala dengan membakar tumpukan ban bekas. Setelah api menyala besar baru mulai dipadamkan.

Ketua Redkar Macah Bara Desa Sidas Junaidi Atos, mengatakan Redkar ini baru dibentuk dan perlu kekompakan bersama. Terutama semua anggota harus semangat dan kompak. Apalagi kalau sudah didukung oleh semua pihak, agar Redkar ini bisa berjalan.

" Kita pertama ini latihan untuk mengenal alat dan cara memadamkan api. Dan nanti akan terus latihan ketika kita sudah mempunyai alat pemadam kebakaran," kata Junaidi Atos.

Kabid Damkar Satpol-PP kabupaten Landak Daniel menyampaikan untuk keanggotaan Redkar sesuai peraturan usia minimal 19 tahun, tapi kita mencari usia yang energik  lincah, harus kompak dan semangat.

Kalau sudah dibentuk keanggotaan baru mulai mencari pasilitas yang digunakan. Ada tiga pilar yang saling bekerjasama dan mendukung, yaitu pemerintah, pihak swasta perusahaan dan Masyarakat.

"Pasilitas bisa didapat dari dana hibah Pemerintah, bantuan CSR dari perusahaan, atau dari iuran masyarakat," ujar Daniel.

Daniel berpesan, kelompok Redkar setelah melakukan pemadaman kebakaran harus membuat pelaporan. 

"Sesuai format pelaporan yang sudah ada, seperti yang sudah dilaporkan oleh kelompok Redkar Sappakad 137 Pahauman dan Redkar 004 Senakin,"pesan Daniel.(Anton).







Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini