Gawai Dayak Ke-XII Sekadau Resmi Dibuka

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Pembukaan gawai dayak ke-XII Kabupaten Sekadau tahun 2023. Foto:as
Sekadau Kalbar, SB - Bupati Sekadau, Aron, membuka Pekan Gawai Dayak ke-XII Kabupaten Sekadau tahun 2023 yang di pusatkan di Rumah Betang Youth Center Sekadau. Pekan Gawai Dayak ke-XII Kabupaten Sekadau tahun 2023 dibuka oleh Bupati Sekadau, Aron. Selasa (18/7/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Sekadau, Aron menyampaikan atas nama pemerintah daerah kabupaten Sekadau mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dan kepada panitia pelaksana yang telah menyukseskan gawai dayak ke-XII Kabupaten Sekadau tahun 2023.

"Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada sub suku dayak Kerabat yang telah melaksanakan ritual adat yang begitu bagus dan luar biasa," ucapnya.

"Oleh karena itu saya berharap hal-hal seperti harus tetap kita lestarikan dan kita kembangkan karena prinsip gawai dayak bukan hanya bersyukur saja tetapi kita melihat dan menyaksikan setiap penampilan dari sub suku yang menjadi tuan rumah pelaksanaan gawai dayak kabupaten," tambahnya

Bupati menyampaikan bahwa pelaksanaan gawai kabupaten adalah penutupan dari seluruh rangkaian kegiatan gawai yang dilaksanakan di kampung-kampung. 

"Oleh karena itu ketika kemarin saya bertemu dengan para Ketua DAD kecamatan dan kabupaten saya minta agar pelaksanaan gawai di jadwalkan dengan jelas agar nanti menjadi program tahunan pemerintah daerah Kabupaten Sekadau agar bisa dikemas sedemikian rupa, agar nanti gawai dayak ini bukan hanya menunjukkan soal tradisi tetapi lebih bagaimana kedepannya masyarakat kita lebih biaa bersyukur atas apa yang telah kita dapatkan selama 1 tahun," jelas Bupati. 

"Pemerintah derah kabupaten Sekadau terus berupaya untuk mendukung pencapaian terhadap perlindungan, pengembangan, penempatan dan perlindungan terhadap kebudayaan di Kabupaten Sekadau ini," tutup Bupati Sekadau, Aron. 

Sementara, Gubernur Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) yang di wakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Ignatius mengatakan, gawai dayak merupakan perayaan dan festival Budaya yang diadakan setiap tahunnya oleh suku dayak di Kalimantan termasuk di Kabupaten Sekadau. 

Gawai dayak mempunyai daya tarik tersendiri baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang berkunjung karena event ini mempromosikan budaya khas suku dayak khususnya di Kabupaten Sekadau. 

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kunjungan wisata yang berbasis budaya di Kabupaten Sekadau," ungkapnya. 

Sejatinya gawai dayak lanjut dia, merupakan warisan kepada generasi muda agar dapat mempertahankan nilai-nilai keragaman budaya supaya tidak hilang ditelan kemajuan zaman pada saat ini dan bisa menarik wisatawan baik wisatawan lokal maupun nusantara. 

"Dengan dilaksanakannya event ini masyarakat dapat lebih mengenal adat istiadat budaya dayak mulai dari tarian, kerajinan tangan serta kuliner khas masyarakat dayak yang disajikan pada saat kegiatan gawai berlangsung," ungkapnya 

"Atas nama pemerintah provinsi Kalimantan Barat saya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia penyelenggara gawai dayak ke-XII Kabupaten Sekadau dan seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan ini," imbuhnya. 

"Kita berharap agenda pekan gawai dayak ini terus dilaksanakan dimasa-masa yang akan datang. Selain itu, gawai dayak ini hendaknya dijadikan momen untuk merajut kebersamaan dalam keberagaman didaerah ini. Marilah dalam keberagaman kita saling toleransi saling menghargai dan saling menghormati satu sama lain. Semoga gawai dayak ini menjadi berkat bafi semua masyarakat Kabupaten Sekadau. (red) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini