-->




Tikungan Lapter Sintang akan Diluruskan

Editor: Asmuni
Sebarkan:

Rapat Sinkronisasi Perencanaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menunjang Waterfront Sungai Durian. Foto:prokopim 
Sintang Kalbar, Suaraborneo.id - Pemerintah Kabupaten Sintang akan meluruskan tikungan eks. Lapangan Terbang (Laper) Susilo Sintang pada akhir tahun 2023 ini karena akan membangun Terminal di Eks Bandara Susilo.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang, Mursalin, saat mengikuti Rapat Sinkronisasi Perencanaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menunjang Waterfront Sungai Durian. Rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Rabu (11/1/2023).

“Bapak Bupati Sintang sudah memberikan arahan kepada kami untuk melakukan perencanaan dan desain atas rencana meluruskan jalan di tikungan Lapter tersebut. Beliau minta dilaksanakan tahun 2023 ini," ujarnya. 

Mursalin menyebutkan, di tikungan lapter itu memang sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Jalan dari Tugu Jam sampai ke Pasar Sungai Durian itu sudah tidak berstatus Jalan Nasional lagi karena sudah diserahkan oleh pemerintah pusat kepada Pemerintah Kabupaten Sintang. 

"Jadi statusnya sudah menjadi jalan kabupaten," ujar dia. 

Dengan demikian, dipastikan tidak ada kendala atas rencana untuk meluruskan tikungan lapter dan pembangunan terminal di eks Bandara Susilo," kata Mursalin. 

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus menyampaikan bahwa dengan dibangunnya kawasan waterfront di Sungai Durian yang dalam operasionalnya nanti menggunakan sistem dropzone, maka kantong parkir memang harus luas dan banyak.

Terminal sungai durian sudah dipastikan akan dijadikan kantong parkir utama di kawasan sungai durian. Sehingga memang terminal harus dipindahkan, dan lokasi yang tepat adalah eks Bandara Susilo. Dengan demikian, akan menghidupkan profesi tukang ojek dan tukang becak di Kota Sintang baik dari terminal maupun lokasi parkir menuju kawasan Waterfront. 

“Saya minta Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang segera bekerja melakukan kajian serta perencanaan teknis dan anggaran atas rencana pemindahan terminal ini untuk disampaikan kepada Bupati Sintang," tutup Kartiyus. (RILIS KOMINFO)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini