-->

H. Sumastro Dikukuhkan menjadi Penjabat Wali Kota Singkawang

Editor: Redaksi
Sebarkan:

Pengukuhan Penjabat Wali Kota Singkawang oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan. Foto:adpim 
PONTIANAK, Suaraborneo.id - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, H. Ria Norsan, melantik dan mengukuhkan Penjabat (Pj) Wali Kota Singkawang, H. Sumastro, di Balai Petitih, Minggu (18/12/2022). Sumastro sendiri menggantikan Wali kota dan Wakil walikota definitif 2017 - 2022, yakni Tjai Tjui Mie berpasangan dengan Irwan yang masa baktinya selesai pada 17 Desember kemarin.

Pengukuhan ini berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3.-6267 tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Singkawan Provinsi Kalimantan Barat sampai dengan Dilantiknya Walikota dan Wakil Wali Kota Singkawang definitif setelah Pemilukada tahun 2024 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Kalbar mengungkapkan bahwa sebagai seorang  Penjabat Wali Kota, yang bersangkutan akan mengemban beberapa amanah utama yaitu memimpin penyelenggaraan pemerintahan daerah di kota singkawang hingga dilantiknya walikota dan wakil walikota terpilih, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat dan melaksanakan tugas selaku ketua satgas penanganan covid-19 di kota singkawang.

"Oleh karena itu, tugas hendaknya saudara dapat mengawal kegiatan tersebut dari mulai persiapan sampai tahapan pelaksanaannya. Tugas yang harus segera dilaksanakan diantaranya adalah melaporkan dan mengusulkan pengisian penjabat sekretaris daerah kota singkawang. Sehubungan dengan hal tersebut saya minta saudara yang menjadi prioritas utama adalah menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat sampai dengan dilantiknya walikota dan wakil walikota terpilih," pintanya.

Dirinya juga menekankan kepada Penjabat Walikota Sumastro untuk menjalankan tugas pemerintahan sesuai dengan aturan yang berlaku. Termasuk penanganan banjir yang kerap melanda Kota Singkawang belakangan ini.

"Jalankan tugas - tugas pemerintahan sesuai dengan aturan dan kewenangan yang berlaku. Juga lakukan upaya - upaya untuk pencegahan dan penularan covid-19. Hal lain yang perlu juga mendapat perhatian saat ini yakni curah hujan yang tinggi, sehingga bencana banjir dan tanah longsor masih menjadi ancaman di beberapa daerah. Untuk itu, prasarana penanggulangan kedaruratan bencana harus selalu siap dan disiagakan," ujarnya. 

Kemudian mantan bupati mempawah ini juga mengharapkan kepada Pj Wali Kota Singkawang untuk menjalin komunikasi yang baik bersama para stakeholder lainnya agar dapat memajukan Kota Singkawang ke arah yang lebih baik.

"Optimalkan koordinasi dan terus bersinergi dengan forkopimda dan lembaga masyarakat agar dapat berjalan aman tertib dan  lancar. Dengan telah dilantiknya penjabat walikota singkawang pada hari ini, maka saya mengharapkan kepada seluruh jajaran perangkat daerah kota singkawang untuk dapat mendukung dan membantu penjabat wali kota singkawang dalam memimpin pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah, karena meskipun sebagai penjabat walikota akan tetapi tugas, wewenang dan tanggung jawab yang dimiliki sama dengan tugas, wewenang dan tanggung jawab seorang Walikota. Begitu pula halnya dengan DPRD singkawang, saya harapkan dapat tercipta hubungan yang harmonis dengan penjabat walikota dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan daerah di kota singkawang sehingga pelaksanaan pembangunan dapat terus berjalan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud", terangnya.

Sebelum menutup sambutannya, tak lupa Wagub Kalbar mengapresiasi menghaturkan terima kasih dan mengapresiasi atas kinerja dari Wali kota dan Wakil Walikota masa bakti 2017 - 2022. 

"Saya juga ingin mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sebesarnya kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang masa jabatan 2017 - 2022. Dimana selama menjabat sebagai walikota dan wakil walikota telah melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam menjalankan roda pamerkan tajam di kota singkawang dengan baik", ucapnya mengakhiri pidato.(adpim)







INI PESAN WAGUB KALBAR LANTIK SUMASTRO SEBAGAI PJ WALIKOTA SINGKAWANG


PONTIANAK - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., melantik dan mengukuhkan Penjabat Wali Kota Singkawang Drs. H. Sumastro, M.Si. di Balai Petitih Kantor Gubernur, Minggu (18/12/2022). Sumastro sendiri menggantikan Wali kota dan Wakil Wali Kota definitif 2017 - 2022, yakni Tjai Tjui Mie berpasangan dengan Drs. Irwan. M.Si. yang masa baktinya selesai pada, 17 Desember 2022 kemarin. 


Pengukuhan ini berdasarkan  Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3.-6267 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat sampai dengan Dilantiknya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang definitif setelah Pemilukada Tahun 2024 mendatang. 


Dalam kesempatan tersebut, Wagub Kalbar mengungkapkan bahwa sebagai seorang  Penjabat Wali Kota, yang bersangkutan akan mengemban beberapa amanah utama yaitu memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Kota Singkawang hingga dilantiknya Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat dan melaksanakan tugas selaku Ketua Satgas Penanganan Covid 19 di kota Singkawang.


"Tugas saudara hendaknya dapat mengawal kegiatan tersebut dari mulai persiapan sampai tahapan pelaksanaannya. Tugas yang harus segera dilaksanakan diantaranya adalah melaporkan dan mengusulkan pengisian penjabat Sekretaris Daerah Kota Singkawang. Sehubungan dengan hal tersebut saya minta saudara yang menjadi prioritas utama adalah, menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat sampai dengan dilantiknya Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih", jelas Ria Norsan.  


Dirinya juga menekankan kepada Penjabat Wali Kota Sumastro, untuk menjalankan tugas pemerintahan sesuai dengan aturan yang berlaku. Termasuk penanganan banjir yang kerap melanda Kota Singkawang belakangan ini.


"Jalankan tugas - tugas pemerintahan sesuai dengan aturan dan kewenangan yang berlaku. Juga lakukan upaya - upaya untuk pencegahan dan penularan covid 19. Hal lain yang perlu juga mendapat perhatian saat ini yakni curah hujan yang tinggi, sehingga bencana banjir dan tanah longsor masih menjadi ancaman di beberapa daerah. Untuk itu, prasarana penanggulangan kedaruratan bencana harus selalu siap dan disiagakan", tuturnya.


Kemudian mantan Bupati Mempawah ini juga mengharapkan kepada Pj Wali Kota Singkawang untuk menjalin komunikasi yang baik bersama para stakeholder lainnya agar dapat memajukan Kota Singkawang ke arah yang lebih baik.


"Optimalkan koordinasi dan terus bersinergi dengan Forkopimda dan Lembaga Masyarakat agar dapat berjalan aman tertib dan  lancar. Dengan telah dilantiknya penjabat Wali Kota Singkawang pada hari ini, maka saya mengharapkan kepada seluruh jajaran Perangkat Daerah Kota Singkawang untuk dapat mendukung dan membantu penjabat Wali Kota Singkawang dalam memimpin pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah, karena meskipun sebagai penjabat Wali Kota akan tetapi tugas, wewenang dan tanggung jawab yang dimiliki sama dengan tugas, wewenang dan tanggung jawab seorang Wali Kota. Begitu pula halnya dengan DPRD Singkawang, saya harapkan dapat tercipta hubungan yang harmonis dengan penjabat Wali Kota dalam praktik penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di kota Singkawang sehingga pelaksanaan pembangunan dapat terus berjalan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud", terangnya. 


Sebelum menutup sambutannya, tak lupa Wagub Kalbar mengapresiasi menghaturkan terima kasih dan mengapresiasi atas kinerja dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota masa bakti 2017 - 2022. 


"Saya juga ingin mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sebesar - besarnya kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang masa jabatan 2017 - 2022. Dimana selama menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota telah melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam menjalankan roda pemerintahan  di kota Singkawang dengan baik", ucapnya mengakhiri pidato.(adpim)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini